Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Shizuka (YouTube)

Matamata.com - Dunia kartun di era 90an, Doraemon tengah dirundung kabar duka. Pengisi suara atau dubber Shizuka, Prabawati Sukarta meninggal dunia.  

Anak dari Prabawati Sukarta, Ady Aiman yang pertama kali mengabarkan berita duka tersebut. Dikabarkan, sang ibu meninggal dunia pada Senin (15/6/2020) malam. Namun, informasi ini dibagikan akun Instagram, Indonesia Voice Talent baru semalam.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia," demikian keterangan tersebut yang disampaikan pada Kamis (18/6/2020).

Baca Juga:
Stand By Me Doraemon Bakal Ada Sekuelnya Nih, Tayang Agustus 2020!

Prabawati Sukarta diketahui menjadi dubber pertama untuk mengisi suara Shizuka. Sebelum akhirnya posisinya digantikan oleh Nurul Ulfah pada 2006. 

Prabawati Sukarta, Dubber karakter Shizuka [Instagram/indonesianvoicetalent]

Hingga kini, sudah ada empat kali pergantian pengisi suara tokoh perempuan di kartun legendaris tersebut. Selain Prabawati Sukarta dan Nurul Ulfah, ada pula Merysha Chandra dan Millianty.

Shizuka merupakan tokoh perempuan dalam kartun Doraemon. Ia identik dengan rambut yang dikuncir dua dan gemar mengenakan baju berwarna pink. Doraemon juga dimeriahkan tokoh lainnya seperti Nobita, Giant dan Suneo, selain Shizuka. 

Baca Juga:
14 Program Disanksi KPI, Tayangan Kartun Ini Langsung Disorot

Selain berprofesi sebagai dubber, Prabawati Sukarta juga menjadi penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) di era 80-an.

Serial Doraemon (YouTube)

Kabar Dubber Shizuka meninggal dunia menyita perhatian khalayak luas. Tidak sedikit netizen yang menyampaikan pesan duka sekaligus ucapan terima kasih kepada Prabawati Sukarta. 

Satu generasi dgn Ibu Nurhasanah. Dimana beliau dubber Doraemon yang pertama, suaranya sangat iconic. Selamat jalan Bu, semoga Khusnul Khotimah,” tulis @muh.assyiri.

Baca Juga:
Tukul Arwana dan 7 Artis Ini Ternyata Punya Kembaran Kartun

Hadirnya beliau membuat masa kecil saya sangat bahagia,” imbuh @imumsteen.

Selamat jalan Prabawati Sukarta. [Rena Pangesti]

Load More