Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Jessica Iskandar dan El Barack (Instagram/@inijedar)

Matamata.com - Tak banyak yang tahu perjuangan berat Jessica Iskandar melahirkan sang anak, El Barack Alexander di Amerika pada 2014. Saat itu kekasih Richard Kyle ini didiagnosa mengalami APS sindrom (Antiphospholipid antibody syndrom). 

Jedar sapaan akrabnya curhat masa-masa terberat dalam hidupnya lewat YouTube Melaney Ricardo, dikutip Minggu (19/7/2020). Mulai dari proses melahirkan hingga pembatalan nikah oleh Ludwig Franz Willibald.

Baca Juga:
Ke Amerika Demi Sembunyikan Kehamilan, Jessica Iskandar Nangis Tiap Hari

"Itu ngelahirinnya bisa dibilang prosesnya berat banget. Kan aku harus diam di rumah saat itu juga, aku masih belum berasa mau ngelahirin," kata Jessica Iskandar.

Jessica Iskandar harus menetap di rumah sakit lebih awal dari prediksi tanggal melahirkan karena mengalami APS sindrom. Dia berjuang sendiri dengan segala upaya medis melahirkan El Barack Alexander tanpa ditemani Ludwig Franz. 

"Jadi aku nggak ada kontraksi, jadi dari segala cara dokter ngelakuin dari mulai masukin balon, terus kasih obat-obatan, di infus biar aku kontraksi, jadi itu selama tiga hari aku di induksi," ungkapnya.

Baca Juga:
Unfollow Jessica Iskandar, 5 Potret Dekat Richard Kyle dan El Barack

Jessica Iskandar (inijedar/instagram).

APS sindrom adalah gangguan pada sistem pembekuan darah yang dapat menyebabkan thrombosis di arteri dan vena, serta dapat menyebabkan gangguan kehamilan yang berujung keguguran.

"Mules tau? Tapi mulesnya sampai ke ulu hati, tiga hari itu bayi nggak keluar-keluar. Terus sudah tuh tiga hari akhirnya ada lah bukaan-bukaan, ngelahirin," sambungnya.

Perempuan 32 tahun ini menahan rasa sakit demi menyelamatkan kandungan dan dirinya selama 5 jam. Hingga akhirnya El Barack Alexander lahir dengan selamat. 

Baca Juga:
Jessica Iskandar Bongkar Masa Lalu, Akui Sempat Ingin Akhiri Hidup

"Ngelahirinnya juga nggak sebentar, dari jam 3 sampai jam 8 malam itu aku ngeden sampai ganti bidan, kan di Amerika ada shift, aku itu sudah mulai dari nungging, miring, terus sampai tarik pakai sprei, nggak bisa keluar juga," tuturnya.

El Barack Alexander, anak Jessica Iskandar saat wisuda. [Instagram]

Sebagai informasi, Jessica Iskandar melahirkan seorang anak yang diberinama El Barack Alexander di Amerika Serikat pada 21 Juli 2014. Jessica Iskandar dan Ludwig Franz Willibald berpacaran dan dikabarkan menikah diam-diam pada 2013.

Ludwig Franz yang ternyata merupakan putra mahkota kerajaan Jerman lalu mengajukan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pernikahan mereka yangs eumur jagung itu kandas. [Evi Ariska]

Load More