Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Vicky Prasetyo berjalan masuk kedalam Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan hari ini.

Matamata.com - Mantan suami Angel Lelga, Vicky Prasetyo bebas karena penangguhanan penahanannya akhirnya dikabulkan hakim. Selain itu, Vicky juga tak menjalani wajib lapor. Vicky Prasetyo hanya diwajibkan untuk menjalani sidang lanjutan kasus pencemaran nama baik Angel Lelga.

Menurut pengacara Vicky Prasetyo, Ramdan Alamsyah, keputusan itu diambil hakim karena hukuman Vicky hanya ditangguhkan bukan dijadikan sebagai tahanan kota atau rumah.

Pengacara dan keluarga saat membahas penangguhan penahanan Vicky Prasetyo [Suara.com/Ismail]

"Tidak ada (wajib lapor). Di sini hanya penetapan bahwa penangguhan, tidak ada wajib lapor dan sebagainya," kata Ramdan Alamsyah, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020).

Ramdan menegaskan, kliennya wajib melaksanakan laporan setiap minggunya bila keputusan hakim meminta Vicky Prasetyo dijadikan tahanan kota atau rumah.

"Jadi bukan pengalihan penahanan ya. Kami memohon untuk ditangguhkan. Kalau dialihkan menjadi tahanan kota atau tahanan rumah, tentunya ini ada satu kewajiban untuk wajib melaporkan diri," kata Ramdan menjelaskan.

Raffi Ahmad dan Vicky Prasetyo. (Youtube/RANSEntertainment)

Ramdan mengaku awalnya dia bersama tim kuasa hukumnya mengajukan tahanan kota. Namun, majelis hakim memutus memberi penangguhan penahanan setelah beberapa kali persidangan. 

"Jadi kan permohonan kami ada dua, pertama mohon ditangguhkan atau setidak-tidaknya dialihkan tahanannya jadi tahanan kota atau rumah. Tapi majelis hakim berpendapat lain, bahwa tahanan ini ditangguhkan. Artinya Vicky Prasetyo tidak ada kewajiban untuk melapor diri kepada kejaksaan atau pengadilan, yang pasti Vicky harus hadir di setiap sidang," imbuh Ramdan Alamsyah.

Ramdan pun memastikan Vicky Prasetyo bakal bebas hari ini. Namun, dia wajib memberi salinan pembebasan Vicky ke Kejaksaan Agung Jakarta Selatan sebelum ke Rutan Salemba. Setelah itu menjemput mantan tunangan Zaskia Gotik itu di Rutan Salemba.

Load More