Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rachel Maryam [Yuliani/MataMata.com]

Matamata.com - Akhirnya keluarga menceritakan kronologi Rachel Maryam alami pendarahan hebat saat melahirkan hingga dikabarkan koma. Adik Rachel Maryam, Tamara Aisyah Sayidina, mengatakan bintang film Arisan ini mengalami komplikasi setelah operasi caesar melahirkan anak keduanya pada Jumat, 2 Oktober 2020.

"Ini menyebabkan pendarahan hebat dan membuat dokter harus mengambil tindakan untuk segera melakukan operasi kembali. (Tujuannya) menghentikan penyebab pendarahan," kata Tamara dalam pesannya kepada Matamata.com, Selasa (7/10/2020). "Diputuskan agar Rachel Maryam diangkat rahimnya," ujarnya lagi.

Rachel Maryam melahirkan (Instagram/Mulan Jameela)

Namun operasi kedua itu membuat Rachel Maryam kehilangan banyak darah. Sehingga kondisi Rachel menjadi drop. "HB darah Rachel jadi drop dan membutuhkan sangat banyak sekali transfusi darah," ujarnya.

Demi kenyamanan Rachel Maryam, maka tim dokter memutuskan untuk menidurkannya sementara waktu. "Dibuat 'tidak sadar' selama dua hari dari total empat hari Rachel dirawat di ICU," kata Tamara.

Berdasarkan keterangan itu, keluarga membantah jika Rachel Maryam dalam kondisi koma, seperti yang sempat heboh beberapa waktu lalu. "Jadi berita bahwa Rachel 'koma' sebenarnya kurang tepat, lebih tepatnya 'ditidurkan'," katanya.

Rachel Maryam [Yuliani/MataMata.com]

Tamara bersyukur proses itu berjalan lancar hingga kondisi Rachel Maryam kini berangsur pulih. "Pada kesempatan ini kami juga ingin berterima kasih kepada RS Bunda, Dinkes DKI Jakarta dan PMI Indonesia yang telah ikut membantu kami dalam mencari dan menyediakan darah transfusi untuk Rachel," ujarnya.

"Alhamdulillah hari ini Rachel sudah lewat masa kritis dan masuk masa pemulihan," ucapnya lagi.

Kondisi Rachel Maryam yang kini membaik dibuktikan dengan pemindahannya ke ruang perawatan. "Rachel sudah dirawat di kamar biasa dan tidak perlu dirawat di ICU lagi," kata Tamara.

Load More