Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Dalang Ki Seno Nugroho meninggal dunia

Matamata.com - Dalang Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa, 3 November 2020. Informasi ini disampaikan Kiai Kanjeng lewat postingan di Twitter. Ia menyampaikan, sang dalang tutup usia pukul 20.00 WIB di Yogyakarta. "Selamat jalan Dalang Ki Seno Nugroho," tulisnya.

Tak lama setelah kabar kepergian Ki Seno Nugroho, muncul video yang katanya memperlihatkan yang diduga detik-detik kepergian sang dalang.  Berdurasi 3 menit 56 detik, video itu memperlihatkan aktivitas seseorang tengah mendalang. Namun tak berselang lama, ia terlihat ambruk.

Posisi dalang yang duduk pun langsung bersandar pada properti. Ia tampak menggumam dengan mata yang terbuka. Orang-orang disekitar pun panik dan menggotong sang dalang ke tempat lain. Mereka berusaha membangunkannya, namun hasilnya nihil.

Baca Juga:
Bikin Kesal Nikita Willy, Indra Priawan Ajak Teman-temannya saat Honeymoon

Beberapa orang kemudian mengangkat tubuh sang dalang. Setelah itu video tersebut pun tak ada lagi kelanjutannya.

Dalang Ki Seno Nugroho. (Youtube Seno Nugroho)

Banyak yang menganggap itu adalah detik-detik meninggalnya Dalang Ki Seno Nugroho. Padahal faktanya, video itu sudah dua tahun lalu beredar di YouTube. Dalang yang meninggal tentunya bukan Ki Seno Nugroho, melainkan Rahmad Santoso.

"Dalang Rahmad Santoso meninggal dunia saat pentas pada Sabtu, 27 Oktober 2018 di Dusun Gedoro, Cepoko, Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur," tulis kanal YouTube Benia Official pada unggahannya 30 Oktober 2018.

Baca Juga:
Rekam Salat Bawa Al-Qur'an, Aldi Taher Ditegur Riya

Lewat kolom komentar, beberapa netizen pun sempat terkecoh. Mereka akhirnya menyadari bahwa video tersebut bukanlah Dalang Ki Seno Nugroho.

"Postingan ini bikin saya bingung. Karena cuma di konten ini yang menampilkan tahun 2018," kata Nugraha D. Saputra. "Ini Rahmad Santoso ka," kata netizen lain coba menjawab. "Oh iya (bukan Ki Seno Nugroho). Sepintas memang mirip sama Ki Seno, tapi saya pun ragu karena suaranya bukan khas beliau," balas Nugraha. (Rena Pangesti)

Baca Juga:
Cantik Mirip Tatjana Saphira, 5 Potret Pengasuh Anak Baim Wong

Load More