Yohanes Endra | MataMata.com
JKT48

Matamata.com - Kabar kurang sedap datang dari Idol group JKT48. Melody selaku General Manajer Teater JKT48 mengungkap bahwa grup tersebut terancam bubar.

"Walaupun semuanya sudah berusaha sekuat tenaga, faktanya secara bisnis grup ini mengalami kerugian yang sangat menyakitkan," kata Melody dalam tayangan streaming di YouTube pada Selasa (10/11/2020).

"Sehingga kami ada di posisi sangat-sangat sulit untuk terus beroperasi. Beberapa bulan terakhir tim manajem terus berdiskusi, apakah tidak ada cara lain selain JKT48 tidak bubar? Apakah JKT48 yang bertahan selama sembilan tahun harus berhenti di sini?" sambungnya lagi.

Baca Juga:
Profil Shani JKT48, Pernah Diteror Fans Sendiri

Selanjutnya, dia mengatakan bahwa JKT48 tidak bisa meneruskan aktivitas seperti biasanya.

Afiqah. (Instagram/@jkt48.afiqaah)

"Saat ini hal yang harus kami sampaikan kepada fans adalah, dalam keadaan ini sebenernya JKT48 sudah tidak bisa melanjutkan aktivitas dan harus berhenti," tuturnya.

Semua ini terjadi karena imbas adanya pandemi COVID-19. Sehingga membuat banyak event JKT48 yang menerapkan sistem bertemu fans setiap hari harus dibatalkan dan bikin kerugian.

Baca Juga:
Kena Pukul saat Ikut Demo Tolak UU Cipta Kerja, Sisil eks JKT48 Alami Memar

"Sampai November ini JKT48 sudah melakukan semua hal agar tetap bertahan hidup. Akan tetapi sejujurnya dengan dihentikannya teater, handsake dan konser," ucap Melody.

"Kami merasa tujuan JKT48 agar bisa memberi energi positif bagi semua orang di Indonesia tidak dapat dilakukan secara maksimal," imbuhnya lagi.

Setelah berdiskusi cukup panjang, pihak manajemen JKT48 pun memutuskan buat mengurangi jumlah member dan karyawan.

Baca Juga:
5 Potret Yuriva, Eks Personil JKT48 yang Jadi Peserta MasterChef Season 7

"Setelah berdiskusi terus menerus. Hanya ada satu cara agar JKT48 bisa bertahan. Cara itu adalah pengurangan jumlah member dan staf JKT48 agar grup ini tidak bubar," tuturnya.

Seperti diketahui, JKT48 kini mempunyai 70 member aktif. Lalu ada 50 karyawan.

JKT48 dibentuk sejak 2011. Sister group dari AK48 ini berhasil mempunyai basis penggemar yang cukup besar di Indonesia. (Sumarni)

Load More