Yohanes Endra Herwanto | MataMata.com
Ria Ricis (Instagram @riaricis1795)

Matamata.com - Ria Ricis tetap tidak mau melupakan pendidikan meski sudah sukses besar menjadi YouTuber. Terbukti, meski makan waktu cukup lama, dia akhirnya meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Pancasila.

Menurut adik Oki Setiana Dewi ini, kesuksesan harus disertai dengan bekal pendidikan akademis.

"Penting banget karena percuma kalo saya sukses dan berada di atas tapi tanpa pendidikan yang cukup," kata Ria Ricis usai upacara wisuda virtual di kediamannya, kawasan Kebagusan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020).

"Oke dinilai udah sukses dan lain-lain tapi kalau dia nggak punya bekal atau nilai-nilai yang didapat dari kuliah jadi kita bisa melihat orang, mana yang ada bekal pendidikan, mana yang tidak," ujarnya melanjutkan.

Lulus kuliah, Ria Ricis belum merencanakan sesuatu. Selama ini, dia memang tak pernah memasang target.

"Ngalir aja, karena aku bukan tipe orang yang 'oh aku tahun depan harus gini'. Takutnya kalau digembor-gembor nggak jadi, kecewa, disimpen aja sendiri sembari dijalankan," ujarnya.

Ria Ricis (tengah) jadi Sarjana Ilmu Komunikasi [Instagram/riaricis1795]

Tapi yang jelas, Ricis masih ingin membahagiakan kedua orangtuanya. Sebab dari doa mereka, apa yang diimpimkan selama ini terealisasi.

"Yang belum masih banyak banget terutama membahagiakan orang tua," ucap dia.

Lebih lanjut, Ria Ricis merasa bahwa kedua orangtuanya adalah motivasi utama. Apalagi, dia juga tak merasa dipaksa sama sekali untuk lulus.

"Mereka juga melihat gimana aku ngerjain tugas sambil syuting, sulit. Jadi alhamdulillah mereka mengerti. Pas waktu tiba baru di-push ayo semangat," kata Ria Ricis.

Load More