Vidi Aldiano (MataMata.com/Evi Ariska]

Matamata.com - Penyanyi Vidi Aldiano blak-blakan tentang hidupnya yang kini hanya memiliki satu ginjal. Kondisi ini dialaminya karena vonis kanker stadium tiga pada Desember 2019.

Bagi Vidi Aldiano merupakan berkah bisa hidup dengan satu ginjal sekarang. Dia menganggap ini sebagai kesempatan kedua dari Tuhan untuknya.

"Ginjal gue tinggal satu, makanya harus gua jaga dengan pola hidup sehat," kata Vidi Aldiano berbincang di channel YouTube Nikita Willy, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga:
Diajak Nikita Willy dan Indra Bulan Madu ke Antartika, Vidi Aldiano Syok

Suami Nikita Willy, Indra Priawan bertanya apa Vidi Aldiano tak menempuh transplantasi ginjal. Bahwa untuk saat ini dia belum memerlukannya ditegaskan oleh Vidi Aldiano.

Vidi Aldiano dijenguk ibu penyanyi Alika Islamadina, Yuanita Rohali [Instagram/Yuanita Rohali]

"Nggak. Dokter bilang, 'Tuhan ciptakan dua ginjal buat manusia itu, satunya bonus.' Manusia bisa hidup dengan satu ginjal," tutur Vidi Aldiano.

Vidi Aldiano meyakini ia bisa menjalani hidup dengan satu ginjal berlandaskan informasi itu. Perubahan hidup terjadi, salah satunya pada makanan yang dikonsumsi pelantun "Status Palsu" ini.

Baca Juga:
Pengalaman Kocak Raisa dan Vidi Aldiano Ngeband Bareng Waktu SMA

"Makanan gue yang tidak boleh memperparah cara kerja ginjal. Seperti nggak konsumsi daging merah," terang Vidi Aldiano. "Sebenarnya dokter nggak bilang boleh tidak boleh makan ikan atau ayam, tapi gue mau coba plant based diet," imbuhnya.

Vidi Aldiano, Indra Priawan, Nikita Willy. (YouTube/Vidi Aldiano, Instagram/nikitawillyofficial94)

Selain makanan, pola olahraga Vidi Aldiano juga berubah. "Nggak boleh yang berat. Dulu angkat beban, sekarang kardio seperti sepedaan aja," papar Vidi Aldiano.

Meski Vidi Aldiano meyakinkan diri bahwa pola hidup itu membuat ginjalnya baik-baik saja, Indra Priawan kembali bertanya soal kemungkinan transplantasi tersebut. "No, kalo ginjal sehat, nggak apa-apa," kata Vidi Aldiano menenangkan.

Meskipun ia tahu ada risiko yang ditanggung. "Kemungkinan gagal ginjal lebih tinggi," terangnya. "Tapi gue belum butuh dan jangan sampai butuh," ucap kekasih Sheila Dara ini.

Vidi Aldiano (MataMata.com/Evi Ariska]

Menariknya, meski belum mau  transplantasi ginjal, banyak orang-orang yang rela menawarkan organ tubuh untuk Vidi Aldiano. "Banyak yang tawarin. Bukan untuk duit, tapi pengin gue berkarya. Merasanya, senyata itu mereka buat gue. Makasih banget buat semuanya," tutur Vidi Aldiano.

Load More