Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Farida Pasha (YouTube)

Matamata.com - Dunia hiburan Tanah Air harus kehilangan salah satu talenta terbaiknya. Sosok pemeran Mak Lampir, Farida Pasha meninggal dunia. Untuk mengenangnya, berikut profil Farida Pasha yang wajib kamu kepoin. 

Artis senior Farida Pasha tutup usia kemarin (16/1/2021). Artis yang populer berkat perannya yang brilian pada serial Misteri Gunung Merapi menghembuskan nafas terakhir pada usia 68 tahun.

Farida Pasha meninggal dunia (Instagram/@ifyalyssa)

Tawa ikonik dari peran yang dibawakannya, yaitu Mak Lampir, tak akan pernah terlupakan. Mak Lampir memang selalu sukses membuat bulu kuduk berdiri. 

Baca Juga:
Farida Pasha Dimakamkan dengan Protokol Pemakaman yang Sangat Ketat

Biodata Farida Pasha

Farida Pasha (Instagram/@ifyalyssa)

Lahir pada 21 Agustus 1952 di Tasikmalaya, Farida Pasha sudah meniti karier sejak usianya belia. Keluarganya juga turut meneruskan jejak karier yang sudah ditapakinya.

Terbukti nama anaknya, Gina Sonia, dan cucunya, Ify Alyssa, juga turut meramaikan dunia hiburan negeri ini. Nampaknya darah seni benar-benar diturunkan dengan baik jika melihat bakat dan performa dari mendiang Farida Pasha. 

Baca Juga:
Pemeran Mak Lampir, Farida Pasha Meninggal karena Covid-19

Karier Farida Pasha, Melejit pada Usia 25 Tahun

Mengukir namanya sejak tahun 1977 dengan turut berperan di film Guna-Guna Istri Muda, Farida Pasha sukses memberikan kesan yang tidak terlupakan. Film ini kemudian disusul dengan penampilan spektakuler yang ditampakkan pada Pembalasan Guna-Guna Istri Muda setahun setelahnya, yang juga dibintangi artis papan atas pada era itu (Roy Marten, Rina Hassim, Aedy Moward).

Kesuksesan Farida Pasha dalam membawakan peran di kedua film tersebut membuatnya dipercayai memegang peran utama pada film Nenek Gondrong yang bergenre mistik, dan Dukun Ilmu Hitam dengan genre serupa. Nama beliau tidak pernah absen dari dunia perfilman dan pertelevisian Indonesia sejak saat itu.

Sinetron dan Film yang Dibintangi Farida Pasha

Farida Pasha (Instagram/@ifyalyssa)

Jika ditelisik ke belakang, terdapat puluhan film dan sinetron yang turut menyertakannya dalam daftar pemeran utama. Sebut saja film seperti Fajar yang Kelabu di tahun 1981, kemudian Satria Bergitar pada tahun 1983 (Rhoma Irama), serta The Secret: Suster Ngesot Urban Legend yang ditayangkan pada tahun 2018 silam. Nama Farida Pasha selalu diberikan kepercayaan untuk mengisi peran dalam banyak sekali tayangan di Indonesia dari masa ke masa. 

Tentu yang tidak mungkin dilewatkan dalam daftar singkat film dan sinetron yang diperankannya adalah sekuel Misteri Gunung Merapi, yang sukses mengabadikan namanya di industri pertelevisian Indonesia. Farida Pasha sendiri juga turut berperan dalam sinetron Hidayah, Taubat, serta Rahasia Ilahi yang sempat ditayangkan di berbagai stasiun televisi di Indonesia.

Kabar kepergian Farida Pasha membuat kolom komentar Ify Alyssa dibanjiri ucapan dukacita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, dan arwah beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. itu dia profil Farida Pasha. [I Made Rendika Ardian]

Load More