Syekh Ali Jaber dan Akbar si pemulung. [YouTube DeHakims]

Matamata.com - Akbar yang merupakan anak angkat Syekh Ali Jaber bertekad mencari ibu kandungnya bernama Siti Sumiati. Rupanya sejak usia delapan bulan, Akbar yang sebelumnya dikenal sebagai pemulung yang rajin baca Alquran sudah ditinggal sang ibu. 

Kepergian ibundanya itu disebabkan oleh sebuah pertengkaran diungkap oleh Akbar. Sayangnya, pertengkaran ibunya itu dengan siapa, Akbar tidak tahu persis. 

"Kalau itu kurang paham. Cuma sedikit (tahunya), karena masalah itu, berantem," ujar Akbar dalam kanal YouTube milik Irfan Hakim, DeHakims, yang diunggah Minggu (17/1/2021).

Baca Juga:
Mengenang Cerita Syekh Ali Jaber Jadikan Pemulung sebagai Anak Angkat

Akbar si pemulung, yang juga anak angkat Syekh Ali Jaber. [YouTube DeHakims]

Padahal, Akbar sendiri mengaku tak tahu wajah ibunya karena tak memiliki potret sang ibu. Yang ia miliki hanya nama lengkap, Siti Sumiati.

Meski begitu, semangat Akbar untuk mencari ibunya tak terkikis. Ia rela mencari ibunya seorang diri dan berjalan kaki dari kampung halamannya di Sodong, Garut hingga Bandung.

"Enggak ada (foto ibu), Hanya nama, belum tahu mukanya juga. Kalau tinggal sih enggak ada tempat tinggal, tidur di mana saja," ujar Akbar melanjutkan.

Baca Juga:
Viral Suara Terakhir Syekh Ali Jaber saat Napasnya Terengah-engah

Syekh Ali Jaber dan Akbar si pemulung. [YouTube DeHakims]

Akbar pun memutuskan menjadi pemulung karena tak memiliki biaya selama perjalanan.

"(Jadi pemulung) sejak putus kelas empat SD. Ada alasannya juga sih, karena sering kabur-kaburan juga. (Kabur-kaburan karena) cari ibu," kata Akbar. 

Akbar pun tak pernah melupakan ibadah meski hidup dengan cara berpindah-pindah. Selain tak meninggalkan salat, Akbar juga selalu menyempatkan diri untuk membaca Alquran.

"Waktu itu kakek dan nenek pernah berpesan, sama bapak juga, katanya kalau saya posisi lagi ngapain, atau kerja apa, tetaplah sama Alquran. Karena Alquran itu bisa meninggikan derajat saya," kata Akbar.

Akbar belum bertemu dengan ibunya hingga saat ini. Meski begitu, Akbar belum putus semangat dan tetap yakin akan bertemu suatu saat nanti.

"Peluk (dan) cium kaki. Ya meskipun orangtua sudah meninggalkan anak, tetapi tetap, anaknya sayang sama orangtuanya meskipun orangtuanya ya gitu, tetap saja kita sayang," kata Akbar menuturkan.

Mengilas balik, Syekh Ali Jaber mengangkat Akbar menjadi putra sambungnya saat ia meneduh di pinggir jalan sambil membaca Alquran viral di media sosial.

Syekh Ali Jaber pun menjadikan Akbar sebagai anak angkat. Selain itu, Syekh Ali juga bercita-cita membuat Akbar jadi penghafal Alquran.

Load More