Yanto Tampan [Instagram Narji]

Matamata.com - Sebelum meninggal dunia, komedian Yanto Tampan sempat dikabarkan alami komplikasi penyakit. Namun semua itu dibantah oleh sang istri, Nurjanah.  Istri Yanto Tampan membeberkan jika sang aktor menderita sirosis hati yang dirasakan sejak 2018.

"Nggak komplikasi, memang penyakitnya sirosis hati. Alhamdulillah dioperasi, sehat, " kata Nurjanah di TPU Penggilingan Layur, Jakarta Timur, Jumat (26/2/2021).

Hanya saja kondisinya menurun sejak setahun lalu. Aktor bernama asli Pudjianto itu bolak balik rumah sakit meski tak lagi dirawat intensif. "Fatalnya tahun kemarin, ada pendarahan hebat. Dua hari dirawat, pulang, dua hari lagi masuk, pulang lagi," kata ibu empat anak ini.

Baca Juga:
Saksikan Pemakaman Suami, Istri Yanto Tampan Tertunduk Lesu

Suasana pemakaman Yanto Tampan. (Matamata.com/Rena Pangesti)

Dokter menerangkan Yanto Tampan tak bisa lagi jalani operasi. Sebab beberapa organ tubuhnya rusak jika dilakukan. "Kondisinya udah nggak bisa operasi lagi. Karena pembuluh darah hatinya, kan parises, itu udah pecah semua," ucap Nurjanah.

"Seandainya dioperasi, hancur dianya. makanya dokter bilang lebih baik dibawa pulang aja. Doa yang banyak, yang terbaik," katanya lagi.

Yanto masih menjalani perawatan medis selama berada di rumah. Pesinetron Para Pencari Tuhan itu harus disedot perutnya selama empat bulan terakhir. "Perutnya itu membesar dari bulan ke-10 (Oktober 2020) sampai Desember, sudah tiga kali sedot," kata perempuan berhijab ini.

Baca Juga:
Yanto Tampan Meninggal, Narji cs Baru Berencana Menjenguk

Suasana pemakaman Yanto Tampan. (Matamata.com/Rena Pangesti)

Ada sekitar empat hingga lima liter cairan di perut sang aktor dalam sekali sedot. Inilah yang membuat Yanto Tampan tak bisa lagi banyak makan dan minum.

"Karena liver, hati itu udah nggak berfungsi. Minum pun dibatesi hanya sebotol sedang, kebanyakan bisa membesarnya," kata Nurjanah.

Yanto Tampan sempat diajak sang istri melakukan penyedotan di rumah sakit pada bulan Februari ini. Tapi ajakan itu ditolak. "Kata dia capek mah. Kamu juga udah capek mondar-mandir," ucap Nurjanah mengingat ucapan sang suami.

Yanto Tampan [Instagram Narji]

Sampai akhirnya Jumat (26/2/2021) pukul 07.35 WIB Yanto Tampan menghembuskan napas terakhir di kediamannya. Selamat jalan Yanto Tampan. 

Load More