Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Yanto Tampan. [Instagram/derry4sekawanreal]

Matamata.com - Yanto Tampan meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit sirosis hati sejak 2018. Sang komedian mengembuskan napas terakhir di rumah pada Jumat (26/2/2021) pagi. Pemakaman aktor bernama lengkap Pudjianto ini dilakukan di hari yang sama di TPU Penggilingan, Rawamangun, Jakarta Timur sekira pukul 17.00 WIB.

Mengiringi kepergian Yanto Tampan, hadir sejumlah sahabat dan rekan sesama komedian. Salah seorang di antaranya adalah aktor Yuzar Nazaros.

Suasana pemakaman Yanto Tampan. (Matamata.com/Rena Pangesti)

Yuzar, bintang film horor 308 itu turut mengenang sosok Yanto Tampan. Terutama di awal kariernya sebagai komedian. "Kalau nggak salah 1981, dia bilang ajak dong saya ke TVRI," kata Yuzar Nazaros usai pemakaman.

Baca Juga:
Kondisi Miris Yanto Tampan Sebelum Wafat: Tubuhnya Kaku dan Susah Melihat

Menurut Yuzar Nazaros, nama Pudjianto jika dipakai sebagai identitas artis sedikit kurang. Sebab sudah banyak orang yang menggunakan nama tersebut. "Pas lagi ada di (daerah) Lubang Buaya saya bilang nama Pudjianto itu banyak, ada sejuta," terang Yuzar.

"Ya terus nama gue apa dong?" ujar Yanto Tampan kala itu.

Yanto Tampan [Instagram Narji]

Spontan, Yuzar Nazaros mencetuskan kata "tampan". Inilah yang menjadi awal mula nama Yanto Tampan digunakan sang komedian. "Saya bilang gue tambahin Tampan di belakang nama lu ya, jadi Yanto Tampan," kenang Yuzar Nazaros.

Baca Juga:
2 Minggu Sebelum Wafat, Yanto Tampan Sudah Pasrah dengan Penyakitnya

Yuzar bersyukur hingga saat ini nama tersebut digunakan pesinetron Yanto Tampan hingga akhir hayatnya. "Sampai sekarang nama itu terus dipakai alhamdulillah," tuturnya.

Sebagai informasi, Yanto Tampan melejit saat ia membintangi sinetron Para Pencari Tuhan 2007 bersama Trio Bajaj. Selain itu, aktor 61 tahun ini juga bermain di sinetron Kiamat Sudah Dekat, Pesantren Rock n’ Roll Reborn, dan Entong Santri Cilik.

Tahun 2018, sejak penyakit sirosis hati mulai menyerang, Yanto Tampan mengurangi aktivitas syuting. Yanto Tampan fokus pada pengobatan hingga akhirnya tutup usia di kediamannya di kawasan Citayam, Jawa Barat. 

Baca Juga:
Komedian Yanto Tampan Idap Penyakit Sirosis Hati sebelum Wafat

Load More