Yohanes Endra Evi Ariska | MataMata.com
Iwan Fals (MataMata.com)

Matamata.com - Musisi Iwan Fals bersama Musica Studios merilis kembali album Mata Dewa dalam bentuk vinyl atau piringan hitam, tepat di Hari Musik Nasional 2021.

Dirut Musica Studios, Indrawati Widjaja mengatakan, perilisan Mata Dewa sebagai upayanya kembali mengenalkan album ikonik tersebut di era sekarang.

"Biar orang tau juga bahwa ini ada lagu fenomenal dari Iwan Fals," kata Indrawati Widjaja saat konferensi pers virtual, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga:
Impersonate Iwan Fals, Gilang Dirga: Pencapaian Luar Biasa

"Kita berusaha mengeluarkan album-album vinyl dan meluaskan para kolektor. Kedepannya banyak juga album-album vinyl dalam satu tahun ke depan, salah satunya Nike Ardila juga," ujarnya lagi.

Iwan Fals Rilis Vinyl Album Mata Dewa. (siaran pers)

Sementara Iwan Fals teringat akan kenangan lagu Mata Dewa yang digagasnya bersama Setiawan Djody. Lagu tersebut tercipta ketika ia dan Setiawan Djody tengah berbincang tentang matahari terbenam di Pulau Dewata Bali.

"Mata Dewa adalah kata-katanya Mas Djody tuh pada saat dia lihat matahari yang terbenam di pantai Kuta (Bali). Kok saya ingin bikin lagu tentang itu," katanya.

Baca Juga:
Ikut Komentari Pasangan Mesum di Halte Sekolah, Iwan Fals: Gokil

Setiawan Djody sendiri berperan sebagai eksekutif produser dan teman duet Iwan Fals di Mata Dewa. Suara khasnya juga ikut menggema di beberapa lirik.

Iwan Fals (Instagram/@iwanfals)

"Tapi mas Djody juga ikut nyanyi di 'yang menangis, lupakanlah aku' bagian situnya," ujar Iwan Fals.

"Saya hanya inspirator aja untuk musiknya. Liriknya semua Iwan lho. Makanya dengan perubahan zaman ini mungkin bagus lah untuk rilis lagi," kata Setiawan Djody menimpali.

Baca Juga:
Lagu Rossa 'Ku Menangis' Dinyanyikan Iwan Fals: Lagunya Jadi Macho Banget

Album Mata Dewa pertama dirilis pada 1989. Saat itu Musica Studios bekerja sama dengan Airo Records.

Setiawan Djodi selaku pemilik Airo Records sendiri merupakan salah satu fans dari Iwan Fals. Pada lagu Mata Dewa, ia ikut terlibat dalam mengisi backing vocal.

Terdapat 10 lagu dalam album Mata Dewa, diantaranya:

Baca Juga:
Iwan Fals Bawa Kabar Duka di Malam Tahun Baru

1. Mata Dewa (cipt: Iwan Fals & Setiawan Djody)
2. PHK (cipt: Iwan Fals)
3. Nona (cipt: Iwan Fals)
4. Air Mata Api (cipt: Iwan Fals)
5. Bakar (cipt: Iwan Fals)
6. Puing (cipt: Iwan Fals)
7. Berkacalah Jakarta (cipt: Iwan Fals)
8. Yang Terlupakan (cipt: Iwan Fals)
9. Perempuan Malam (cipt: Iwan Fals)
10. Pinggiran Kota Besar (cipt: Iwan Fals)

Album Mata Dewa dari Iwan Fals sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Langit Musik, Youtube Music, Noice dan Resso.

Untuk official video clip dapat disaksikan di platform Vidio dan Youtube ‘Musica Studio’s’. Untuk video karaoke dapat dinikmati di channel Youtube ‘Musica Karaoke’.

Load More