Acara lamaran Aurel Hermansyah. (Instagram/@ashanty_ash)

Matamata.com - Pada Jumat (19/3/2021) pukul 15.00 WIB, prosesi siraman Aurel Hermansyah jelang dinikahi Atta Halilintar akhirnya digelar dan ditayangkan secara live di RCTI. Acara ini bakal mengusung adat Jawa yang kental.

Mengenai susunan acara di siraman Aurel Hermansyah dibeberkan oleh pihak pemangku adat yang diwakili Mamie Hardo. "Dimulai dari acara sungkeman. Mengucapkan terima kasih, mohon izin menikah dan meminta doa restu," kata Mamie Hairdo.

Proses siraman Aurel (sumber: streaming RCTI plus).

Selanjutnya, acara akan dilanjutkan dengan upacara mencampur bunga. Ada bunga mawar, melati dan kenanga yang masing-masing memiliki makna. "Melambangkan kesucian untuk melati, kenanga agar selalu dikenang dan mawar supaya semerbak dan wangi," imbuhnya.

Baca Juga:
Siraman Aurel Hermansyah Cuma Dihadiri 20 Orang, Krisdayanti Absen!

Bukan hanya campuran bunga, tetapi air yang digunakan pun istimewa. Air tersebut berasal dari tujuh sumber mata air di mana salah satunya berisi air zam-zam. "Diambil dari beberapa masjid, musala, rumah kediaman dan air zam-zam yang tidak pernah tertinggal," terangnya.

Makna dari tujuh sumber mata air tersebut berasal dari bahasa Jawa "pitu" dijelaskan oleh Mamie Hairdo. "Tujuh itu pitu dalam bahasa Jawa, pitulungan. Bahwa dalam kehidupan ada pertolongan," kata Mamie Hardo.

Proses siraman Aurel (sumber: streaming RCTI plus).

Selain itu, sejarah dari tujuh sumber mata air tersebut sebagai penanda informasi zaman dahulu bahwa akan ada pernikahan. "Zaman dahulu kalau mau melakukan hajat, jauh tempatnya. Untuk memberikan informasi dan kerabat, kita meminta air dari sumber tersebut," terang Mamie Hardo.

Baca Juga:
Jelang Siraman, Aurel Hermansyah Pamer Foto Pakai Baju Adat Minang

Sayangnya, Krisdayanti tidak bisa hadir dalam proses sakral tersebut. Perihal absennya sang mimi tak dijelaskan secara detail oleh Aurel Hermansyah. 

Load More