Ardhito Pramono/ Instagram @ardhitopramono

Matamata.com - Beberapa hari lalu, Ardhito Pramono curhat di media sosialnya bahwa lagunya sering dipakai tanpa izin di acara variety show yang tayang di salah satu TV Korea Selatan.

Hal ini bermula saat pelantun Sudah itu mendapat laporan dari para netizen bahwa lagunya sering diputar di variety show Three Meals a Day di tvN. Lantas Ardhito mencurigai lagu tersebut dipakai tanpa izin.

Ardhito Pramono. (Instagram/@ardhitopramono)

Netizen Indonesia langsung menyerang tvN. Sampai akhirnya tv kabel Korea itu mengklarifikasi isu tersebut.

Baca Juga:
Ardhito Pramono Sedih Lagunya Dipakai Program TV Korea Tanpa Izin

Ternyata lagu Ardhito sudah terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea. Jadi masalah tersebut muncul karena kesalahpahaman saja.

"Halo, ini tim tvN Three Meals a Day. Kami memberitahukan tentang hak cipta lagu Ardhito Pramono," tulis pihak tvN dilansir dari Hanwoo via @Coppamagz.

Ardhito Pramono dan Aurelie Moeremans (Instagram.com)

"Lagu 'Bitter Love' yang di beberapa artikel diklaim digunakan tanpa izin, adalah lagu yang sudah terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, dan kami telah mendapatkan izin dari asosiasi itu untuk menggunakannya," lanut pernyataan tersebut.

Baca Juga:
Ketemu Ardhito Pramono, Ekspresi Salting Gempi Bikin Salfok

"Hak cipta untuk artis dibayarkan melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea. Artis terkait mempertanyakan tentang hak cipta melalui Instagram story miliknya dan kemarin (8/4) kami telah menjelaskan permasalahan itu dan artis terkait mengakui bahwa ada kesalahpahaman," imbuhnya.

"Kami menggunakan seluruh musik setelah mendapat izin berdasarkan kontrak dengan Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, Asosiasi Industri Rekaman Korea, dan Asosiasi Musisi Korea. Terimakasih," tutup pernyataan tersebut.

Ardhito Pramono/ Instagram @ardhitopramono

Melihat pernyataan tvN, netizen langsung menuliskan beragam pendapat. Banyak yang kecewa dengan sikap Ardhito yang tak mengecek kebenarannya terlebih dulu.

Baca Juga:
Dituduh Dukung Omnibus Law, Ardhito Pramono: Saya Kembalikan Pembayarannya

"Bukannya gimana2 jan ngadi2 sama industri korea, korea industri yg sangat hati2 ngga bakal di pakai kalo ga ada deal sebelumnya," tulis netizen.

"Gue rasa ada ni mas nya ada kesalah pahaman atau memang ada yg menyalahgunakan uang masnya jadi ga sampe ke masnya wkwkwk," sahut yang lain.

Load More