Yohanes Endra Rena Pangesti | MataMata.com
Zaskia Adya Mecca. (Instagram/@zaskiadyamecca)

Matamata.com - Hanung Bramantyo pasang badan terhadap perundungan yang diterima istrinya, Zaskia Adya Mecca. Hal ini masih terkait protes Zaskia Mecca terhadap cara pihak tertentu yang berteriak-teriak ketika membangunkan orang sahur.

Beberapa warganet mampir ke kolom komentar Zaskia Adya Mecca maupun suaminya, Hanung Bramantyo. Mereka mengatakan aksi tersebut terbilang wajar terjadi di bulan suci Ramadan. Malah akan terasa aneh jika sejumlah masjid sepi dari pengumuman sahur.

"Perasaan dari dulu juga sudah biasa kayak begini deh. Bangunin sahur pakai toa nggak asing sama sekali, malah asing kalau bulan Ramadan sepi-sepi aja," tulis akun har*******sep di kolom komentar Zaskia Adya Mecca.

Baca Juga:
Kritik Bangunin Sahur Pakai Toa Masjid, Zaskia Adya Mecca Disindir Warga

Hanung Bramantyo membalas komentar warganet soal pernyataan Zaskia Adya Mecca yang protes membangunkan sahur dengan toa masjid sambil teriak. [Instagram]

"Pak Hanung dapet salam dari toa masjid. Mudah-mudahan bapak nggak alergi sama yang bangunin sahur dan melegenda di Indonesia," timpal akun @nia*******wan.

Tak mau terjadi kesalahpahaman, Hanung Bramantyo memberikan klarifikasi. Sang istri bukan protes soal toa masjid. Melainkan mengenai cara seseorang membangunkan dengan memanfaatkan fasilitas di rumah ibadah.

"Orang-orang kok ya pada salah sangka. Dikiranya saya dan istri anti toa. Baca berita yang benar kenape," tulis Hanung Bramantyo dikutip dari Instagram, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga:
Profil Zaskia Adya Mecca, Artis Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa Masjid

Zaskia Adya Mecca. (Instagram/@zaskiadyamecca)

"Zaskia protes kepada orang-orang yang menggunakan toa dengan cara yang tidak ramah. Teriak-teriak dengan dalih bangunin orang sahur, memangnya semua orang puasa?" papar Hanung Bramantyo.

Hanung Bramantyo dengan adanya teriakan itu bisa membuat mereka yang sebenarnya tidak diharuskan puasa merasa terganggu dan terbangun.

"Selain yang beragama Islam, orang-orang yang tidak diwajibkan sahur yaitu anak di bawah umur, lansia, orang sakit dan ibu menyusui," jelas sutradara 45 tahun ini.

Baca Juga:
Protes Zaskia Adya Mecca Soal Bangunin Sahur Viral, Pak RT Bereaksi

Bapak enam anak ini mencontohkan, dua putranya yang termasuk dalam golongan tersebut.

"Ente pikir Bhre Kata dan Bhaj Kama harus bangun sahur juga gitu gae?" tanya Hanung.

Postingan Hanung Bramantyo sekaligus memberikan informasi cara membangunkan sahur yang baik dan benar.

Baca Juga:
Zaskia Adya Mecca Ingatkan Adab Baca Al-Qur'an Lewat Toa Masjid

"Nih syariatnya, 'sesungguhnya Bilal melakukan adzan di malam hari (sebelum subuh) untuk membangunkan orang yang tidur diantara kalian. Orang yang tahajud bisa kembali  istirahat (untuk persiapan subuh)'," tulis Hanung yang dikutip dari laman website.

Merujuk pada apa yang dilakukan sahabat nabi, Bilal bin Rabah, masyarakat bisa ikut meneladaninya.

"Nggak teriak-teriak Sahuuuurrr!! Ibu-ibu ayo masaaak, tapi pakai adzan. Adzannya pun harus diseleksi suaranya," terang Hanung Bramantyo. 

Load More