Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Sule. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Komedian Sule mengaku tak ada tradisi khusus yang dilakukan tiap momen lebaran. Ia menduga tradisi lebarannya setiap tahun sama seperti kebanyakan orang.

"Biasa, sama aja. Sama kayak kalian. Paling makan opor, ketupat, kacang-kacangan," ujar Sule di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Namun Sule tak memungkiri ada tradisi Lebaran yang hilang sejak pandemi Covid-19 di Indonesia. Ia tak bisa lagi salam-salam dengan tetangga dan keluarganya.

Baca Juga:
Dibelain Sule soal Ngaku Sudah Tak Perjaka, Rizky Febian: Aku Isengin Ayah

Sule ngobrol bareng Armand Maulana (Youtube.com)

"Yang dibiasakan dari dulu itu kan salam-salaman antar tetangga, keluarga, sekarang jadi video call. Kan mengurangi kerumunan," bebernya.

Sule mengaku juga tak ada tradisi sungkeman di keluarganya. Hanya salam dan maaf-maafan biasa.

"Salaman biasa aja, kalau dulu masih ada abah iya (sungkem)" ujarnya.

Baca Juga:
Penghasilan Menurun, Sule Sikapi Bijak soal THR Karyawan

Begitu pula untuk Solat di Hari Raya Idul Fitri, Sule mengaku juga belum tahu apakah dirinya dan keluarga bisa salat Ied di masjid atau tidak. Hal itu bergantung pada keputusan pemerintah nantinya.

Sule dan Nathalie Holscher (Instagram.com)

"Ke masjid juga. Kan Salat (Ied) kan juga masih diatur. Ya kami lihat nanti. Kalau memang di sana dibuka, ya kami salat," pungkasnya.

Diketahui, tahun ini adalah tahun kedua perayaan Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Pandemi yang belum usai membuat perayaan Idul Fitri 2021 terpaksa dilakukan dengan berbagai pembatasan. Salah satunya seperti larangan mudik hingga aturan salat berjamaah.

Baca Juga:
Tanpa Sule, Nathalie Holscher Terharu Dengar Detak Jantung Janin

Load More