Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Suami Tasya Kamila, Randi Bachtiar divonis kanker getah bening stadium 2. Sejumlah perawatan guna mengobati penyakitnya pun dijalani oleh pria 30 tahun ini. 

Tindakan dilakukan sejak Januari 2021 dimulai dari operasi thorax, empat kali kemoterapi dan 10 kali radiasi. "Rencana radiasi 25 kali," kata Tasya Kamila dirumahnya kawasan Cinere, Depok pada Senin (10/5/2021).

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Radiasi dan kemoterapi dilakukan guna mengangkat sisa tumor di tubuh Randi Bachtiar. Sebab ternyata, hanya 80 persen yang bisa diambil dari operasi awal. 

Baca Juga:
Suami Tasya Kamila Lakukan Operasi Thorax, Kemoterapi Sampai Radiasi

"20 persen nggak bisa dikeluarin karena terlalu berisiko. Sudah menempel di organnya Randy, di saraf, pembuluh darah besar, jadinya terlalu berisiko untuk mengeluarkannya," papar penyanyi 28 tahun ini.

Proses radiasi dan kemoterapi berjalan lancar dan berefek pada tumor di tubuh Randy Bachtiar. "Masih ada (tumor) tapi sudah berkurang hampir setengahnya. Jadi sudah kecil banget. Tinggal radiasi makanya," tutur Tasya Kamila.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar (MataMata.com/Rena Pangesti)

Menghilangnya gejala awal yang dirasakan Randi Bachtiar adalah efek lain dari perawatan ini. Sebelumnya bapak satu anak ini mengalami batuk dan tubuhnya gatal-gatal. "Randi tu miracle banget. Tadinya ada gatel parah,  begitu tumornya keluar hilang," ucap Tasya.

Baca Juga:
Tasya Kamila Ungkap Awal Mula Suami Divonis Kanker: Keluar Darah Batuknya!

"Batuknya juga berkurang. Karena sebelumnya per lima menit, batuknya bisa tiga kali," imbuh pelantun "Libur T'lah Tiba" ini.

Randi Bachtiar menjalani perawatan di rumah seiring dengan kondisinya yang membaik. Selain masih harus radiasi, ia harus menjaga makanannya.

"Makan daging merah bagus karena meningkatkan sel darah putih, pantangan nggak ada tapi ada makanan yang disarankan juga seperti jamur," tutur Randi Bachtiar.

Baca Juga:
Aurel Hermansyah Hamil, Suami Tasya Kamila Divonis Kanker

Load More