Rosiana Chozanah | MataMata.com
Unggahan Utada Hikaru (Instagram)

Matamata.com - Penyanyi legendaris asal Jepang, Utada Hikaru, mengumumkan bahwa dirinya adalah seorang nonbiner. Artinya, sang penyanyi tidak menyebut dirinya sebagai seorang perempuan walau terlahir dengan jenis kelamin tersebut.

Mengenai hal itu, pertengahan bulan Juni ini sang penyanyi sempat membahas tentang panggilan yang pas untuk dirinya, dalam sebuah unggahan di Instagram.

Menurut Arama Japan, dalam unggahan tersebut sang musisi mengaku bahwa dirinya muak karena selalu mendapat pertanyaan tentang bagaimana cara memanggilnya, antara nona atau nyonya.

Baca Juga:
5 Potret Terbaru Kia AFI Ikut Pride Parade di AS, Dukung Hak LGBTQ

Unggahan Utada Hikaru (Instagram)

"Aku muak ditanya apakah aku (dipanggil) 'nona/nyonya' atau memilih antara 'nona/nyonya' untuk penggunaan sehari-hari. Itu membuatku tidak nyaman diidentifikasi secara mencolok berdasar status perkawinan atau jenis kelamin, aku tidak terhubung dengan salah satu dari panggilan itu," tulis wanita 38 tahun tersebut.

Pelantun 'First Love' tersebut merasa dirinya dipaksa untuk menggambarkan dirinya sendiri.

"Aku mencari opsi alternatif, yang dapat digunakan oleh siapa pun dari jenis kelamin atau status sosial apa pun," sambungnya.

Baca Juga:
Tak Hanya Demi Lovato, 3 Artis Ini Akui Seorang Non-biner

Unggahan Utada Hikaru (Instagram)

Setelah menuliskannya beberapa kali, akhirnya Hikaru menemukan yang menurutnya sesuai, yakni 'Mx' (diucapkan sebagai 'mix' atau campuran).

"Itu luar biasa dan aku harap ini menjadi lebih banyak digunakan. Aku khawatir ideku untuk panggilan netral ini muncul terlambat," imbuhnya.

Pada Jumat pekan lalu, Hikaru muncul di live streaming dengan Hideaki Anno, sutradara Neon Genesis Evangelion. Tepat sebelum Anno muncul, Hikau tiba-tiba berkata, "Aku nonbiner. Happy pride month!"

Baca Juga:
5 Fakta Demi Lovato, Biduan yang Identifikasi Diri sebagai Non-Biner

Penggemar Hikaru mendukung keputusan idolanya dan menyambut baik pengumuman tersebut.

Load More