Yohanes Endra | MataMata.com
Muhammad Hamzah atau Bjah The Fly. (Instagram/lawyer.sunnah)

Matamata.com - Hamzah atau Bjah pernah dikenal sebagai vokalis grup band The Fly. Setelah melalui masa kelam dan pasang surut kehidupan, Bjah kini mantap memutuskan hijrah.

Dalam pengakuannya, Bjah mengatakan bahwa ia pernah masuk penjara ketika berada di masa terkelam hidupnya. Setelahnya, Bjah mencoba mendekatkan diri kepada Allah untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Muhammad Hamzah atau Bjah The Fly. (Instagram/lawyer.sunnah)

Hanya saja, pada kenyataannya, Bjah sempat menjalani situasi yang tidak mudah untuk menemukan arti "hijrah". Bjah sampai harus tiga kali berhijrah untuk menemukan makna sebenarnya.

Baca Juga:
Five Vi Buka-bukaan Alasan Hijrah: Awalnya Ingat Kematian!

"Saya sempat hijrah tiga kali, gagal. Hijrah pertama, karena saya nggak tahu ya, saya kan pengin dekat dengan Allah, gimana caranya pengin hidup benar. Itu kok hijrahnya amalannya kok seakan-akan taubat saya enggak diterima sama Allah," kata Bjah dalam video yang diunggah akun Instagram lawyer.sunnah.

Dalam hijrahnya yang kedua, Bjah mengamalkan amalan di luar perintah Allah dan tidak dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Namun, Bjah memilih meninggalkan metode pada hijrahnya yang kedua ini.

Muhammad Hamzah atau Bjah The Fly. (Instagram/lawyer.sunnah)

"Saya yakin ini salah, amalannya hanya zikir, sedangkan sholat ditinggalkan. Saya tinggalkan sudah," ucapnya.

Baca Juga:
7 Foto Novi Listiana, Biduan Dangdut yang Hijrah dan Jadi Petani

Hijrah yang ketiga, Bjah mencoba mengerjakan segala hal yang sunah, tapi masih belum merasa hal ini yang tepat.

"Semua amal-amalan sunah saya kerjain. Sehari tuh bisa tiga kali saya datangi pengajian sampai akhirnya saya keblinger karena banyak yang dibilang sunah," ujar Bjah.

"Saya sampai minta sama Allah, saat membaca Al Fatihah itu sampai nangis nggak berhenti-berhenti tuh: 'Ya Allah tunjukkanlah jalan-Mu yang lurus, saya nggak mau tersesat kayak dulu'," imbuhnya

Baca Juga:
Bahagianya Syahrini Hijrah Bareng Suami: Ini Harta Allah yang Terbesar

Muhammad Hamzah atau Bjah The Fly. (Instagram/lawyer.sunnah)

Pada akhirnya, hidayah datang lewat kajian yang ditemukan Bjah di salah satu media sosial yakni YouTube Khalid Basamalah. Di kanal tersebut, Bjah menyimak video berjudul "Ibadah Harus Dipaksakan". Bjah pun menyampaikan harapan untuk dirinya sendiri.

"Semoga Allah mengampuni dosa-dosa ana di masa lalu. Ya Rob-ku, dulu ana mengajak umat untuk bermaksiat, sekarang bantulah ana untuk mengganti dosa-dosa ana yang lama," kata Bjah.

Load More