Fakta Sunny Dahye (instagram/@sunnydahye)

Matamata.com - Pada Jumat (20/8/2021), YouTuber Sunny Dahye resmi melaporkan akun Instagram anonim atas kasus penghinaan serta pencemaran di media elektronik ke Polres Metro Jakarta Utara. Setidaknya terdapat 12 akun Instagram anonim dan tiga akun Twitter yang dilaporkan.

Laporan Sunny Dahye diwakili oleh kuasa hukumnya, Ditho Sitompoel dan Philipus Sitepu serta sang manajer, Syafira Andryana. Sementara  Sunny diketahui tinggal di Korea Selatan.

Tim kuasa hukum Sunny Dahye menunjukkan bukti ujaran kebencian yang ditujukan untuk Sunny Dahye saat ditemui di Polres Metro Jakarta Utara, Jumat (20/8/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Melaporkan adanya dugaan tindak pidana UU ITE, pasal 27 ayat 3 dan 27 ayat 4, penghinaaan di media elektronik dan pencemaran nama baik, dan ancaman kekerasan yang ditujukan pada klien kami," kata Ditho Sitompoel.

Baca Juga:
Sunny Dahye Disorot Usai Lapor Polisi karena Dibanjiri Komentar Jahat

"Kami sudah melaporkan tindak pidana ini ke Polres Metro Jakut, jadi kami berharap sih nantinya dari Polres bisa segera menangkap pelaku untuk membully dan menyebarkan berita tidak bernar terhadap klien kami," kata Ditho menambahkan.

Penyebab dirinya dituduh telah merendahkan orang Indonesia membuat Sunny Dahye sendiri merasa bingung. Semua berasal dari akun anonim yang menyebarkan berita bohong tentangnya.

Profil Sunny Dahye. (Instagran/sunnydahye)

"Itu justru kita mempertanyakan akun ini dia lagi confersasion dengan seseorang yang verify akun dan di-post di-repost sehingga muncul anggapan itu. Padahal ini masih satu sisi, makanya kami muncul dan membantah semuanya, ya kami laporkan akun ini," terangnya.

Baca Juga:
7 Fakta Sunny Dahye, Heboh Dituding Sering Bohong dan Hina Orang Indonesia

Sunny Dahye pribadi merasa tidak pernah melakukan sesuatu yang menyinggung atau merendahkan Indonesia. Terlebih lagi besar dan mengemban ilmu di negara Indonesia. "Tidak ada sih, sampai saat ini kita bisa katakan tidak ada," imbuhnya.

Ada pula laporan Sunny Dahye telah masuk di Polres Metro Jakarta Utara dengan nomor polisi LP : LP/B/515/VIII/2021/SPKT/POLRES METRO JAKUT/POLDA METRO JAYA.

Fakta Sunny Dahye (instagram/@sunnydahye)

Seperti diketahui, nama Sunny Dahye mendadak menduduki trending topic di Twitter. Ternyata ia dituduh merendahkan orang Indonesia.

Baca Juga:
YouTuber Sunny Dahye Trending Topic Twitter, Dituding Hina Orang Indonesia

Tuduhan kepada YouTuber Korea Selatan yang besar di Indonesia itu bermula dari pesan seorang netizen yang diunggah di akun Instagram @sunnyisaliar2. Diduga warganet tersebut adalah orang terdekat Sunny di Korea.

Dalam pengakuannya tersebut, netizen itu mengatakan bahwa Sunny pernah menghina orang Indonesia dengan sebutan bodoh dan miskin.

"Sunny juga pernah bilang sendiri, bagi dia viewers Indonesia itu 'bodoh' dan 'miskin' makanya lebih mudah dibodohin. Channel Inggris dia nggak dilanjutin karena banyak orang English speaking yang sadar gelagat aneh dia contohnya kayak gimana cara dia treat gamja (anjing peliharaan Sunny) yang salah banget, ditinggal di apartemen tanpa AC nyala waktu summer? Bayangin aja sepanas apa Korea," tulis pengakuan netizen tersebut.

Baca Juga:
Melukis Bersama, 5 Momen Sunny Dahye Nongkrong Bareng Dita SECRET NUMBER

Load More