Yohanes Endra | MataMata.com
Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Matamata.com - Nama Hanung Bramantyo sudah sangat dikenal di jagat perfilman tanah air. Suami dari Zaskia Adya Mecca ini adalah salah satu sutradara kebanggaan Indonesia yang telah melahirkan puluhan film laris. Ia juga sudah menyandang gelar sebagai sutradara terbaik dalam berbagai ajang Festival Film Indonesia 2005. Ayah lima anak ini sukses membawa film garapannya menjadi film box office.

Film garapan Hanung Bramantyo juga selalu sukses meraih cinta dari masyarakat dan menjadi primadona. Berikut ini adalah deretan film karya Hanung Bramantyo yang sukses di pasaran dan jadi film favorit. Deretan film berikut ini juga cocok banget buat menemani akhir pekan lho. Yuk langsung saja disimak!

1. Brownies (2005)

Baca Juga:
5 Rekomendasi Film Luna Maya Terbaik yang Sayang Kamu Lewatkan

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Brownies dirilis pada 2005 silam dan sukses menjadi film terlaris pada tahun itu dengan ditonton oleh lebih dari 1 juta orang. Film ini juga suskes memboyong tiga penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2005 dalam kategori Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, dan Tata Suara Terbaik. Brownies mengisahkan kisah cinta dari Mel (Marcella Zalianty) seorang pecinta brownies dengan seorang pemilik toko buku yang jago membuat brownies bernama Are (Bucek Depp). Kisah mereka menjadi rumit saat mantan Mel yang bernama Joe (Philip Jusuf) kembali hadir dalam hidup Mel.

2. Get Married (2007)

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Get Married menjadi film hits Hanung Bramantyo selanjutnya. Film ini bahkan dibuat sekuelnya dua tahun kemudian. Hingga kini sudah ada 5 film, 2 sinetron, dan 1 web drama dari film Get Married. Rilis perdana pada 2007, film ini berkisah tentang pencarian jodoh untuk seorang gadis tomboi bernama Mae (Nirina Zubir). Dalam film ini Nirina Zubir beradu akting dengan Amink, Desta Mahendra, dan Ringgo Agus Rahman. Polah kocak empat sekawan ini sukses mengocok perut dan membekas di hati penonton. Film ini juga sukses memboyong tiga piala dalam ajang Festival Film Indonesia 2017 untuk kategori Sutradara Terbaik, Pemain Pendukung Wanita Terbaik, dan Best Editing.

Baca Juga:
8 Rekomendasi Film Park Shin Hye, Miracle in Cell No.7 Menguras Air Mata!

3. Ayat-ayat Cinta (2008)

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Film yang diangkat dari novel laris dengan judul sama karya Habiburrahman El Shirazy ini menjadi salah satu film terlaris yang meraih kesuksesan luar biasa dalam kategori film religi. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril (Fahri bin Abdullah), Rianti Cartwright (Aisha), Carissa Putri (Maria Kirgiz). Film ini berkisah tentang kisah cinta Fahri dengan Aisha dan Maria. Fahri yang merupakan mahasiswa di Universitas Al Azhar bertemu dengan Aisha seorang perempuan muslim bercadar yang membuatnya terpesona. Keduanya akhirnya menikah. Sementara Maria adalah tetangga Fahri, seorang Kristen Koptik yang mengagumi Alquran. Karena suatu hal Fahri harus menikah dengan Maria, meski saat itu dirinya sudah menjadi suami Aisha. 

4. Perahu Kertas (2012)

Baca Juga:
3 Rekomendasi Film Saif Ali Khan yang Mengambil Latar di Luar Negeri

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Dewi 'Dee' Lestari, Perahu Kertas menjadi film hits yang sukses. Film ini menggaet Maudy Ayunda dan Adipati Dolken sebagai pemain utamanya. Berkisah tentang Kugy dan Keenan yang bertemu saat kuliah. Keduanya punya bakat tersendiri, Kugy dengan imajinasinya tentang Neptunus Dewa Laut dan Keenan yang jago melukis. Keduanya saling jatuh cinta. Sayangnya kisah cinta mereka harus menemui jalan berliku. Maudy Ayunda juga menyumbangkan suaranya untuk mengisi ost film ini. Film ini tak hanya dicintai oleh penonton tapi juga sukses mengantarkan pada pemainnya menjadi artis papan atas Indonesia. Tak kurang dari setengah juta penonton menyaksikan film garapan Hanung Bramantyo ini.

5. Habibie Ainun (2012)

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Hanung Bramantyo dipercaya untuk mengangkat kisah nyata perjuangan BJ. Habibie. Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini sukses membuat penonton baper dan semakin kagum dengan perjuangan Presiden Ke-3 RI tersebut. Film ini juga sukses mengantarkan Reza Rahadian meraih penghargaan sebagai Aktor Terbaik dan berhak membawa pulang Piala Citra.

6. Kartini (2017)

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Usai sukses menggarap kisah Habibie, Hanung Bramantyo kembali menggarap kisah tokoh nasional. Kali ini ia mengangkat perjuangan emansipasi wanita yang digagas oleh RA. Kartini. Lewat film berjudul Kartini Hanung Bramantyo menyuguhkan kisah Kartini dalam memperjuangkan pendidikan bagi perempuan. Dian Sastrowardoyo didapuk sebagai pemain utama film ini. Kartini pun sukses menjadi salah satu film terlaris dan menjadi box office.

7. Bumi Manusia (2019)

Film Karya Hanung Bramantyo. (IMDb)

Hanung Bramantyo kembali dengan film yang sarat sejarah. Bumi Manusia adalah film yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis besar tanah air Pramoedya Ananta Toer. Menggaet aktor muda yang tengah naik daun Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan dan Mawar Eva De Jonh serta artis teater kenamaan Sha Ine Febriyanti, Bumi Manusia sukses menempati posisi puncak sebagai film dengan penonton terbanyak di bioskop pada 2019.

Itu tadi 7 film karya Hanung Bramantyo yang hits dan jadi film terbaik dengan banyak raihan berbagai prestasi. Dari film-film tadi mana yang jadi film favoritmu yang bakal jadi pilihan ditonton di akhir pekan? 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More