Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@riairawan)

Matamata.com - Kanker merupakan penyakit ganas yang bisa menyebabkan kematian. Di Indonesia sendiri, angka kematian karena kanker paling tinggi setelah jantung dan stroke. Kanker serviks dan payudara banyak menyerang perempuan, sedangkan resiko kanker paru-paru dan usus besar paling banyak diidap laki-laki.

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@olga_lovers)

Penyakit kanker juga tak luput mengancam nyawa para artis Tanah Air, Korea, maupun mancanegara. Bahkan mereka yang meninggal terbilang masih muda. Siapa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kim Bo Kyung (2 Februari 2021)

Baca Juga:
Bak Pinang Dibelah Dua, Artis Bollywood dan Hollywood Ini Punya Kemiripan!

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Soompi)

Lama tak terdengar kabarnya sejak menikah pada 2012, Kim Bo Kyung meninggal dunia pada 2 Ferbuari 2021. Aktris berusia 44 tahun tersebut diketahui meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker selama 11 tahun.

Ia terkahir kali tampil di layar kaca lewat drama Blood (2015) sebagai istri Choi Woo Sik. Kim Bo Kyung juga sempat hadir di BIFAN 2018 bersama lawan mainnya di film Epitaph (2007), Kim Tae Woo. Kim Bo Kyung dimakamkan di kampung halamannya, tepatnya di Busan Memorial Park.

2. Dustin Diamond (1 Februari 2021)

Baca Juga:
Daftar Kolaborasi BTS dengan Artis Barat, dari Steve Aoki hingga Halsey!

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (David Fisher/Shutterstock)

Di usia 44 tahun, aktor Dustin Diamond meninggal dunia setelah didiagnosa mengidap kanker paru-paru. Aktor yang memerankan kutu buku Screech dalam serial TV Saved by the Bell ini meninggal dunia pada 1 Februari 2021.

Peran Screech dalam acara Disney Channel Good Morning Miss Bliss telah dibintangi Dustin Diamond sejak usia 11 hingga 23 tahun. Setelah satu musim, Good Morning Miss Bliss berubah nama menjadi Saved by the Bell.

3. Park Ji Hoon (11 Mei 2020)

Baca Juga:
8 Artis Indonesia Pakai Hanbok, Nggak Kalah Memesona dari Orang Korea Asli!

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@cocohuni_)

Aktor Park Ji Hoon yang sempat muncul dalam drama Chicago Typewriter meninggal dunia pada 11 Mei 2020. Ia meninggal dunia di usia 31 tahun karena kanker perut. Selain Chicago Typewriter, Park Ji Hoon juga menjadi pemeran pendukung dalam drama Dal Soon's Spring pada 2017.

4. Ria Irawan (6 Januari 2020)

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@riairawan)

Ria Irawan meninggal dunia pada 6 Januari 2020 setelah lama mengidap kanker kelenjar getah bening. Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh pada 2014 setelah menjalani kemoterapi. Namun pada pertengahan 2019, kondisi Ria Irawan kembali memburuk. Sel kanker kembali muncul dan menyebar ke organ tubuh Ria yang lain, yakni dinding rahim. Ria Irawan meninggal dunia di usia 50 tahun.

Baca Juga:
4 Artis Bermasalah dengan ART: Ada yang Sampai Bikin Anak Sakit

5. Agung Hercules (1 Agustus 2019)

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@agunghercules88)

Setelah didiagnosa menderita kanker otak, Agung Hercules tutup usia pada 1 Agustus 2019. Sebelum meninggal, Agung sempat koma di RS Dharmanis selama 3 hari. Agung yang sebelumnya dikenal berbadan besar dan kekar berubah drastis menjadi kurus setelah menderita kanker. Saat menceritakan penyakitnya sebelum meninggal, Agung juga kesulitan berbicara. Almarhum Agung diketahui meninggal dunia di usia 48 tahun.

6. Julia Perez (10 Juni 2017)

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@juliaperrezz)

Julia Perez meninggal dunia sebelum usianya genap 37 tahun. Wanita yang akrab disapa Jupe ini tutup usia karena penyakit kanker serviks. Sebelum meninggal dunia, Jupe dirawat secara intensif selama 5 bulan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Jupe menderita kanker serviks stadium 2 sejak September 2014 dan telah menjalani sejumlah pengobatan, termasuk di salah satu rumah sakit di Singapura.

Pada 2015, Jupe sempat dinyatakan sembuh total sehingga kemudian tampil botak untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap penderita kanker. Namun di bulan Desember 2016, kanker yang diderita Jupe justru telah sampai di stadium 4. Nyawa Jupe kemudian tak tertolong meski telah menjalani sejumlah operasi.

7. Olga Syahputra (27 Maret 2015)

Artis Meninggal Dunia karena Kanker (Instagram/@olga_lovers)

Olga Syahputra meninggal dunia di usia 32 tahun. Sebelum meninggal dunia, Olga sempat "menghilang" dari layar kaca lantaran menjalani perawatan di RS Mount Elizabeth Singapura. Olga Syahputra diketahui menderita kanker getah bening dan menghembuskan nafas terakhirnya pada 27 Maret 2015. Keluarga besar berada di samping Olga di detik-detik terakhirnya, termasuk Billy Syahputra yang baru tiba di Singapura pada hari kematian sang kakak setelah menerima telepon dari dokter.

Itu dia sebagian pesohor Tanah Air maupun dunia yang meninggal dunia karena kanker. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More