Yohanes Endra Ismail | MataMata.com
Engkan Herikan alias Engkan Mosta dan Tim Kuasa Hukum. (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Engkan Herikan alias Engkan Mosta, lead gitar band Anima buka suara mengenai kasus hak cipta lagunya, yakni Bintang. Tembang tersebut sempat dirilis ulang oleh Tina Toon pada 2015.

Dia baru tahu lagunya dirilis ulang dari sang istri, Viee Vikan. Dia kaget dalam lagu Bintang yang dibawakan Tina Toon itu pencipta lagunya bukan nama dirinya lagi.

Engkan Herikan alias Engkan Mosta dan Tim Kuasa Hukum. (MataMata.com/Ismail)

"Sebenarnya saya kaget dengar berita itu. Terus dengan istri saya juga kebetulan yang ngabarin, lagu Bintang ini penciptanya diganti," ungkap Engkan saat jumpa press di kawasan Epicetrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (30/8/2021).

Baca Juga:
Tina Toon Komentari Gugatan Hak Cipta Lagu Rp 10,7 M: Saya Cuma Penyanyi

Dari situ, Engkan penasaran soal alasan nama pencipta lagunya diganti.

"Jadi saya sama teman-teman mau minta klarifikasi, kenapa bisa diganti. Karena posisinya nyiptain dari tahun 2003-an, sama teman-teman Anima," jelas Engkan.

Engkan kecewa mengingat namanya diganti menjadi Baros Roulate dan Basia Roulate. Sedangkan produsernya menjadi Ian Juanda.

Baca Juga:
9 Potret Masa Kecil Tina Toon, Pelantun Bolo-Bolo yang Super Gemas

Lagu Bintang yang dirilis oleh Tina Toon itu juga di bawah label  Universal Music Indonesia.

Engkan Herikan alias Engkan Mosta dan Tim Kuasa Hukum. (MataMata.com/Ismail)

"Nah dari situ kan kaget, di situ 'pernah dipopulerkan oleh Anima'. Sedangkan di sini kita berjuang dari zaman indie tahun 2003, sampai 2007 kita masuk ke Sony Music," jelas Engkan.

Seperti diketahui Engkan mengajukan gugatan ke Tina Toon cs pada April 2021. Gugatan itu terdaftar dengan nomor perkara 23/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

Baca Juga:
Tina Toon Kaget Dapat Angpao dari Ahok, Berapa Isinya ya?

Selain bintang film Lenong Rumpi, sejumlah pihak juga digugat oleh Engkan. Mereka adalah Basia Roullete, Baros Roulette, Ian Juanda, Andri Anima, Universal Music Indonesia, Sony Music Indonesia, dan WAMI.

Load More