Rizky Billar dan Lesti Kejora. (Instagram/@rizkybillar)

Matamata.com - Ternyata bukan hanya seorang perempuan bernama Mila Machmudah Djamhari yang akan melaporkan Rizky Billar dan Lesti Kejora. Tetapi dari Kongres Pemuda Indonesia (KPI) Jawa Timur juga akan melakukannya. 

Edi Prastio yang merupakan Ketua KPI Jawa Timur mengatakan pihaknya akan melaporkan Rizky Billar dan Lesti Kejora terkait pembohongan publik. Hal ini merujuk pada pernikahan sejoli itu yang ternyata dilakukan dua kali.

Pertama saat Lesti Kejora dan Rizky Billar nikah siri di awal tahun dan kemudian dirahasiakan. Lalu yang kedua adalah ketika pasangan itu gembar-gembor soal rencana nikah dan akhirnya terlaksana, Agustus 2021.

Baca Juga:
Diancam Dilaporkan, Rizky Billar dan Lesti Kejora Gandeng Pengacara

Rizky Billar mengucapkan ijab kabul dengan ayah Lesti Kejora. Pernikahan berlangsung di depan Ustaz Subki Al Bhugury pada awal Januari 2021. [Instargam @ayah_kejora]

"Dia melakukan pembohongan. Mencampuradukkan hukum syariat dan hukum negara, melanggar UU tentang perkawinan. Untuk itu Kongres Pemuda Jawa Timur berencana melaporkan Lesti dan Billar," kata Edi Prastio saat dihubungi awak media, Selasa (28/9/2021).

Edi Prastio menyebut pernikahan yang sebelumnya dilakukan secara siri, harus melalui isbat di Pengadilan Agama. Bukannya langsung ke Kantor Urusan Agama (KUA) seperti yang dilakukan Lesti dan Billar.

"Ketika melakukan siri, harus diisbatkan. Supaya tidak berdampak ke anaknya nanti. Kalau dia menikah di KUA, berarti nasabnya ke siapa gitu? Itu kebohongan publik," terang Edi.

Baca Juga:
Lesti Kejora Dituduh Lakukan Pembohongan Publik, Raffi Ahmad Pasang Badan

Momen mesra Lesti Kejora dan Rizky Billar. (Instagram/lestykejora)

Selain alasan tersebut, pertimbangan lain yang membuat Edi Prastio menyebut adanya kebohongan publik yakni dugaan pemalsuan surat.

"Dalam administrasi, ada surat pernyataan calon mempelai masih perjaka atau duda, perawan atau janda. Nah, apa yang dimasukkan dalam surat keterangan itu harus dipertanyakan," ujar Edi Prastio.

Rizky Billar dan Lesti Kejora mengumumkan pernikahan agama dan kehamilan [YouTube: Rans Entertainment]

"Kalau menyatakan perawan atau perjaka, kan dia sudah menikah walaupun secara agama," imbuhnya.

Baca Juga:
Istri Handika Pratama Hamil, Lesti Kejora dan Rizky Billar Akan Dilaporkan

Sebelum Edi Prastio, ada nama Mila Machmudah Djamhari. Perempuan yang pernah menjadi politisi PAN itu menggaungkan akan melaporkan Lesti Kejora dan Rizky Billar terkait pembohongan publik.

"Mengapa Leslar bisa dipidanakan karena kebohongannya? Karena sudah ada yurisprudesi kasus dengan pasal kebohongan yang menyebabkan kegaduhan. (ancaman hukuman) divonis 4 tahun," kata Mila.

Baca Juga:
Lesti Kejora dan Rizky Billar Akan Dilaporkan, Bisa Terancam 4 Tahun Bui

Load More