Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Matamata.com - Nama Tom Liwafa masih terus menjadi perbincangan di kalangan netizen. Crazy rich Surabaya ini kian menjadi perbincangan usai kecelakaan maut yang merenggut nyawa sahabatnya, Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah atau Bibi.

Tom Liwafa yang memiliki segudang kerajaan bisnis ini adalah salah satu dari sekian banyak sahabat Vanessa Angel dan Bibi dengan tulus membantu keluarga mereka. Terbaru, dia juga membantu menengahi konflik masalah hak asuh Gala antara keluarga Bibi dan keluarga Vanessa.

Sebenarnya kebaikan hati Tom LIwafa dan istrinya Delta Hesti bukan baru kali ini saja tersorot. Pada masa-masa awal pandemi Covid-19, ia dan istrinya pernah membagikan paket kardus berisi sembako dan uang untuk masyarakat,
Tak pelak, sikap dermawan Tom Liwafa dan istrinya ini membuat publik kagum.

Baca Juga:
Tom Liwafa Sentil Pedas Sepupu Vanessa Angel: Belum Tau Definisi Pengusaha!

Bagaimana tidak dengan julukan crazy rich Surabaya, Tom Liwafa tetap menunjukkan sikap dermawan dan kepeduliannya pada sesama. Hal ini pastinya membuat banyak orang kagum dan terharu.

Usut punya usut, Tom Liwafa mempunyai sejumlah usaha yang membuatnya mampu membangun kerajaan bisnis hingga menjadikannya sebagai salah satu pengusaha muda kaya raya di Indonesia. Bersama sang istri, Tom Liwafa memulai usahanya hingga bisa sesukses sekarang.

Penasaran apa saja bisnis yang dimiliki Tom Liwafa? Langsung saja simak ulasan tentang kerajaan bisnis Tom Liwafa yang sudah Matamata.com himpun berikut ini.

Baca Juga:
Profil Tom Liwafa, Pengusaha yang Mengurus Anak dan Keluarga Vanessa Angel

1. Handmadeshoesby dan Delvationstory

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Bersama dengan sang istri, Tom Liwafa membangun usahanya di bidang sepatu dan tas wanita. Merek dagang usaha mereka ini adalah Handmadeshoesby dan Delvationstory. Bisnis grosir sepatu dan tas yang dibuka di Surabaya ini juga terkenal dan memiliki banyak peminat.

2. Ratzer Project

Baca Juga:
Dulu Jadi Pemulung, 5 Potret Istri Crazy Rich Surabayan Tom Liwafa

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Bisnis di bidang desain interior ini juga di buka di Surabaya. Ratzer Project ini dikelola langsung oleh Delta Hesti, istri Tom Liwafa. Ratzer Project menawarkan berbagai desain interior seperti kitchen set hingga kamar tidur.

3. Delta Outfit

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Selain sepatu dan tas, Tom Liwafa dan istrinya juga membuka bisnis di bidang fashion, khusunya baju. Delta Outfit di Surabaya ini menjual dan menawarkan berbagai model baju kekinian yang menarik minat banyak pihak.

Baca Juga:
5 Potret Tom Liwafa, Crazy Rich Viral Bagikan Kardus Isi Uang Jutaan Rupiah

4. Se’i Sapi

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Tak hanya di bidang fashion, kerajaan bisnis Tom Liwafa juga merambah hingga bidang kuliner. Adalah Se’ i Sapi, masakan khas kupang ini dihadirkan oleh Tom Liwafa untuk pertama kalinya bagi warga Surabaya. Se’i sendiri adalah daging sapi yang diiris tipis kemudian dibumbui aneka rempah dan diasapi. Aroma khas daging sapi ini membuat masyarakat bisa merasakan makanan khas Indonesia Timur itu.

5. Delta Premium

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Delta Premium masih menjadi bagian dari Handmadeshoesby. Bisnis ini juga bagian dari bisnis grosir sepatu yang memiliki banyak peminat di Surabaya.

6. Judith SBY

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Bisnis fashion lainnya milik Tom Liwafa dan Delta Hesti adalah Judith SBY. Usahanya ini menjual kaftan dengan ruko yang juga ada di Surabaya.

7. Buku

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Sebagai seorang pengusaha muda, Tom Liwafa kerap menjadi pembicara di seminar-seminar bisnis dan memberikan motivasi bagi para calon pengusaha. Motivasi yang diberikan Tom Liwafa ini tidak hanya ia sampaikan di seminar yang ia hadiri. Sebab ini juga melukiskannya dalam buku yang ditulis olehnya. Lewat buku karyanya yang berjudul ‘Pengusaha Muda Wajib Jual Nama’ Tom Liwafa menuliskan banyak motivasi sebagai wirausaha berdasarkan pengalaman yang ia punya. Terbaru ia menulis 'Personal Branding, Bisa Mengubah Takdir'. Hasil penjualan bukunya ini akan disumbangkan secara keseluruhan. Keren banget bukan?

8. YouTuber

Kerajaan Bisnis Tom Liwafa. (Instagram/@tomliwafa)

Tak hanya selebriti saja yang membuka akun YouTube untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tom LIwafa juga punya kanal YouTube TOMLIWAFA PROJECT. Kanal YouTubenya ini berisi video motivasi bisnis. Sejak dibuka pada 23 Juni 2015 lalu, ia sudah berhasil menggaet 34 ribu lebih subscribers.

Nah itu dia 8 kerajaan bisnis Tom Liwafa hingga membuatnya berjuluk crazy rich Surabaya. Meski sudah kaya raya, tetapi Tom Liwafa tidak melupakan perjuangannya dari nol hingga sampai berada id posisinya sekarang. Hal ini membuatnya dikenal sebagai sosok dermawan yang gemar berderma. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More