Ismail | MataMata.com
Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Matamata.com - Jovi Adhiguna dikenal publik sebagai selebgram serta YouTuber. Lelaki yang selalu tampil seperti wanita juga memiliki sebuah usaha. Bahkan dalam wawancaranya dia mengaku bisnisnya mempunyai omzet mencapai Rp5 miliar.

Lantas siapa Jovi Adhiguna? Simak melalui profil Jovi Adhiguna berikut ini:

1. Biodata Jovi Adhiguna

Baca Juga:
5 Adegan Payungan Paling Romantis di Drakor, No. 4 Paling Banyak Disukai?

Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Jovi Adhiguna lahir pada 24 Juni 1990. Ia diketahui lulus dari Universitas Telkom. Jovi merupakan kakak Sarah Ayu yang sama-sama berkarier sebagai influencer.

Keduanya dikenal dengan sebutan Hunter Siblings. Jovi Adhiguna diketahui beragama Kristen. Cowok dengan tinggi badan 173 centimeter tersebut memiliki garis keturunan Belanda dan Tiongkok.

2. Awal Mula Karier Jovi Adhiguna

Baca Juga:
Puput Soedrajat Diisukan Menjual Diri, Sahabat: Itu 100 Persen Fitnah

Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Sebelum banyak artis menggeluti YouTube, Jovi Adhiguna telah memulainya pada 2015. Awalnya dikenal karena lewat selintas di YouTube Sarah Ayu dengan penampilan rambut berwarna biru dan panjang hingga bokong.

Penonton YouTube Sarah kemudian menyebutnya sepintas mirip Kylie Jenner. Jovi Adhiguna kemudian mulai membuat konten YouTube tentang berbagai hal seperti fashion, make up, hingga travelling.

Ia mengaku tak begitu peduli dengan jumlah viewers atau likes kontennya. Hingga saat ini, Jovi Adhiguna telah memiliki 774 ribu followers Instagram dan 289 ribu subscribers YouTube.

Baca Juga:
Sinopsis Mystic Pop-Up Bar, Drakor Yook Sungjae BTOB yang Populer

3. Kesuksesan Bisnis Jovi Adhiguna

Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Jovi Adhiguna dikenal sebagai pengusaha F&B yang sukses. Ia memiliki bisnis minuman boba bersama Ririn Ekawati. Hingga September 2021, merek minuman boba Jovi dan Ririn telah mencapai 153 outlet dan terus bertambah dengan target 200 outlet.

Jovi Adhiguna juga memiliki restoran street food Korea hingga bisnis fashion. Oleh sebab itu, tentu tak mengagetkan apabila omzet yang diperoleh Jovi mencapai 4-5 kali harga mobil BMW X5 seperti yang dikatakannya lewat kanal YouTube Cretivox. Harga mobil BMW X5 diketahui sekitar Rp1,5 miliar.

Baca Juga:
5 Fakta Drama Korea Black Knight, Reuni Kim Woo Bin dan Esom

4. Jovi Adhiguna Melabeli Diri sebagai Androgini

Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Jovi Adhiguna mengaku mulai tampil eksentrik sejak kecil. Namun baru selepas SMA, Jovi dan ibunya mengunjungi psikiater untuk mencari jati dirinya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa kromosom Y lebih dominan dari X meski Jovi seorang pria.

Jovi Adhiguna kemudian melabeli dirinya sebagai androgini. Namun jenis kelamin di KTP Jovi masih tetap laki-laki. Ia pun tak berkeinginan untuk mengubah kelaminnya. Keluarga Jovi disebut tak masalah dengan label tersebut. Lahir di keluarga dari berbagai negara membuat keluarga Jovi berpikiran terbuka.

Status androgini bagi Jovi Adhiguna sebenarnya terkait kecintaannya pada baju perempuan. Menurut Jovi, pria seharusnya juga bisa bebas memakai baju wanita ketika para wanita juga bebas menggunakan baju pria. Jovi bahkan masih duduk dengan 'cara pria'.

Kendati begitu, penolakan terhadap Jovi Adhiguna yang bergaya feminin juga pernah didapatkan. Jovi pernah ditolak kehadirannya oleh warga Balikpapan di acara Market World 2019 terkait dengan isu LGBT.

5. Gencar Perangi Bullying

Profil Jovi Adhiguna (Instagram/@joviadhiguna)

Pernah menjadi korban bullying di masa lalu, Jovi Adhiguna sebagai influencer berusaha memberantasnya dengan membuat berbagai konten. Ada kalanya Jovi merasa sakit hati dan insecure saat dicap bencong, gay hingga makhluk jadi-jadian di media sosial.

Di sisi lain, Jovi Adhiguna bersyukur karena belakangan masyarakat lebih bisa menerima orang-orang dengan label androgini, transeksual, transgender, atau gay ketimbang 10 tahun silam. Kepribadian Jovi yang menyenangkan juga membuatnya berteman dengan banyak artis seperti Luna Maya dan Gisella Anastasia. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More