Senin, 24 Januari 2022
Ismail : Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Nama Aulia Rizsa Wirizqi atau yang dikenal dengan Aulion sudah tidak asing lagi di dunia YouTube.

Aulion merupakan YouTuber yang dikenal dengan konten video stop motionnya yang colorful. Namanya semakin dikenal setelah dia bersama Chandra Liow membuat YouTube Rewind 2021 yang dirilis pada 30 Desember 2021. Video itu sukses membawa penontonnya menjelajah kembali apa yang terjadi selama satu tahun terakhir.

Ingin lebih dalam lagi dengan sosok Aulion? Berikut profilnya yang dirangkum dari berbagai sumber!

Profil Aulion

Profil Aulion (instagram/@aulion)

Aulion lahir pada 3 Mei 1994 di Jakarta dengan nama asli Aulia Rizsa Wirizqi. Pria berusia 27 tahun itu juga biasa dipanggil Yon atau Bang Yon. Ia diketahui lulusan SD AL-Azhar Kelapa Gading, SMP Tugasku Pulomas, SMAN 77 Jakarta, STK Halle Jerman, dan Universitas Multimedia Nusantara Serpong.

Aulion aktif di media sosial seperti YouTube, Instagram dan Twitter. Ia dikenal sebagai sosok di balik Youtube Rewind 2021 dan tahun sebelumnya. Aulion mengarahkan karya masterpiece itu bersama Chandra Liow.

Ahli Animasi Stop Motion

Profil Aulion (instagram/@aulion)

Aulion hobi mengutak-atik handycam sejak duduk di kelas 3 SD. Ia membuat video pertamanya saat memasuki SMP. Saat itu ia mendapatkan tugas sekolah untuk membuat sebuah video berjudul Jakarta, Oh Jakarta. Meskipun masih SMP, Aulion mampu merangkap tugas sebagai sutradara, penulis naskah hingga editor videonya sendiri.

Aulion kemudian terbang ke Jerman untuk mendalami ilmu sinematografi. Setelah itu, cowok yang kerap disebut mirip dengan Iqbaal itu melanjutkan kuliah di Universitas Multimedia Nusantara, mengambil jurusan KDV (Komunikasi Desain Visual). Ia punya keahlian lebih dalam hal stop motion.

Aulion punya alasan sendiri untuk jatuh cinta pada animasi stop motion. Teknik stop motion berbeda dengan animasi pada umumnya. Menurutnya, stop motion juga bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Aulion merasa bahwa semuanya bisa dibuat menjadi karya stop motion.

Awal Terjun ke YouTube

Profil Aulion (instagram/@aulion)

Setelah tahu ada YouTube, Aulion mulai beralih ke platform tersebut. Saat itu YouTube belum begitu terkenal seperti sekarang. Namun karena Aulion hanya tahu YouTube, jadi ia memanfaatkannya dengan maksimal.

Siapa yang menyangka, YouTube melambungkan nama Aulion lewat karya animasi stop motionnya yang berjudul Televisionic Motion. Karyanya mulai viral di media sosial hingga membuatnya diundang ke televisi.

Sebagai YouTuber, Aulion pernah mencatatkan satu prestasi yang cukup membanggakan. Cowok asal Tangerang ini pernah masuk nominasi award tahunan bergengsi di kalangan Asia, yakni Influence Asia 2015 untuk kategori Top Youtube Personality (Indonesia).

Hobi Aulion

Profil Aulion (instagram/@aulion)

Selain membuat konten animasi stop motion, Aulion juga hobi mengcover music video dari lagu-lagu yang tengah populer. Ia mampu menyulap lagu-lagu hits artis Hollywood seperti Katy Perry, Justin Bieber, One Direction hingga Taylor Swift menjadi lebih lokal.

Nggak cuma itu, Aulion juga mulai mencoba-coba untuk mendalami dunia perfilman, dengan mengarahkan film-film pendek ciptaannya sendiri. Beberapa karyanya yang paling populer adalah Pulang Duluan dan Subuh. Dua-duanya merupakan film bergenre horor. Kamu sudah nonton, belum?

Itu dia profil Aulion, YouTuber kreatif yang menjadi sosok di balik YouTube Rewind 2021.

Kontributor: Chusnul Chotimah