Ismail | MataMata.com
Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

Matamata.com - Warga Tionghoa kembali merayakan hari Imlek, pada tahun ini jatuh pada Selasa (1/2/2022). Masyarakat Indonesia pada umumnya juga ikut bersuka cita karena mendapatkan hari libur.

Beberapa program televisi pun sudah menyiapkan tayangan dengan tema imlek. Mulai dari film hingga program-program yang berhubungan dengan tahun baru China.

Berikut film-film yang cocok untuk ditonton saat Imlek ya?

Baca Juga:
Lesti Kejora Kecewa Baby L Mirip Dirinya, Sule Ngegas: Kamu Juga Cantik!

1. Crazy Rich Asians (2018)

Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

Crazy Rich Asians memperkenalkan budaya China-Singapura dalam suguhan film bergenre komedi-drama. Sepasang kekasih yang saling mencintai dikisahkan terhalang status ekonomi. Ialah Profesor ekonomi bernama Rachel Chu yang menjalin cinta dengan pria kaya, Nick Young.

Saat menghadiri pernikahan di Singapura, Nick sekaligus mengenalkan Rachel kepada keluarga besarnya. Kala itu, Rachel baru menyadari bahwa Nick adalah anak dari putra orang paling kaya di Singapura. Ibu Nick yang mengetahui bahwa Rachel bukan berasal dari keluarga berada tidak merestui hubungan tersebut. Simak cerita selengkapnya di Netflix.

Baca Juga:
Amanda Manopo Terciduk Bareng Cowok, Sosoknya Bikin Penasaran

2. Ngenest (2015)

Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

Dari Indonesia, ada film komedi  Ngenest yang dibintangi sekaligus disutradarai Ernest Prakasa. Film yang dapat disaksikan melalui aplikasi Vidio dan Viu tersebut menggambarkan keresahan Ernest sebagai keturunan etnis Tionghoa yang merupakan minoritas di Indonesia.

Ernest semasa remaja dibully teman-temannya karena bermata sipit dan berkulit putih. Trauma di masa remaja membuat Ernest dewasa ingin anak cucunya tak merasakan hal sama. Ernest kemudian bertekad menikahi wanita pribumi. Namun ketika jatuh cinta kepada wanita pribumi, Meira, hubungan Ernest ditentang oleh calon mertuanya lagi-lagi karena etnis. Keresahan lahir sebagai orang Tionghoa terus berlanjut sampai Ernest dan Meira menikah. Apa yang terjadi selanjutnya?

Baca Juga:
8 Pemotretan Salshadilla Juwita Bareng Pacar, Buat Foto Prewedding?

3. The Half of It (2020)

Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

The Half of It  juga akan menyuguhkan kisah komedi romantis untuk menemani perayaan Imlek. Alkisah Ellie Chu, siswa keturunan Tionghoa, yang pendiam dan pemalu sehingga membuatnya kesulitan mempunyai teman. Hingga suatu hari, Ellie Chu berteman dengan Paul Munsky yang memintanya menulis surat cinta untuk Aster.

Karena butuh uang, Ellie Chu menulis surat kepada Aster atas nama Paul. Ketika Paul mulai akrab dengan Aster, Ellie tanpa sadar mempertanyakan banyak hal mulai dari sahabat, cinta, dan keluarga. Aster juga diketahui memiliki pacar bernama Trig saat didekati Paul. Kisah "The Half of It" selengkapnya bisa disaksikan melalui Netflix.

Baca Juga:
Baru Terungkap, Atta Halilintar Ledek Cara Thariq Halilintar Tembak Fuji

4. Cek Toko Sebelah (2016)

Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

Karya Ernest Prakasa yang lain berjudul  Cek Toko Sebelah juga cocok ditonton saat Imlek. Erwin yang merupakan lulusan universitas luar negeri harus melewatkan kesempatan untuk dipromosikan bekerja di kantor Singapura setelah sang ayah jatuh sakit.

Sebagai keturunan Tionghoa, Erwin diminta mengambil alih toko sembako milik sang ayah yang akrab disapa Koh Afuk. Erwin juga dihadapkan dengan kekecewaan sang kakak, Yohan, karena ayah mereka 'pilih kasih'. Di sisi lain, sang kekasih Natalie kecewa atas pilihan Erwin yang melewatkan promosi ke Singapura. Akhir ceritanya bisa disaksikan melalui Viu atau Vidio.

5. Ip Man (2019)

Film yang cocok ditonton saat Imlek (IMDb)

Ip Man juga akan menjadi suguhan film untuk merayakan Imlek di Indosiar pada Senin (31/1/2022) malam. Film  Ip Man juga cocok untuk para pecinta film kungfu.  Ip Man 4: The Finale merupakan akhir sekuel yang menceritakan perjalanan Ip Man ke San Fransisco mencari sekolah baru untuk sang putra.

Ip Man kemudian mengetahui bahwa master bela diri murka kepada salah satu siswanya yang mengajar Kungfu ke Amerika karena dianggap melanggar etika dan tidak menjaga tradisi leluhur. Diskriminasi terhadap orang Tionghoa digambarkan dalam film yang juga tayang di Netflix, iQIYI, dan Vidio tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi film untuk merayakan Imlek bersama keluarga. Sudah pernah nonton belum?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More