Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Dorce Gamalama. (YouTube/The Onsu Family)

Matamata.com - Wasiat Dorce Gamalama ingin dimakamkan secara perempuan tuai pro kontra di masyarakat. Ahli agama, Gus Miftah dan Buya Yahya sebelumnya turut memberikan pandangannya bahwa sebaiknya Dorce dimakamkan sesuai dengan kodrat awalnya, yakni sebagai laki-laki.

Namun, ustazah Lulung Mumtaza memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, wasiat seseorang tidak boleh diubah. Sebab itu, ia mendukung Dorce Gamalama dimakamkan secara perempuan.

Gus Miftah. (Instagram/gusmiftah)

"Dalam Alquran ada wanita itu untsa, kalau lelaki zakarun, kalau antara lelaki atau perempuan khuntsa. Nah kalau udah ada 3 ahli menyebut dia perempuan ya sudah perempuan dimakamkannya. Kalau dia berwasiat seperti itu ya makamkan seperti itu, karena wasiat tidak boleh dirubah, ada di Alquran surat Al Baqarah ayat 181-182," ungkap Ustazah Lulung kepada Suara.com, Senin (31/1/2022).

Baca Juga:
Dorce Gamalama Makin Dihujat usai Sentil Kyai

Dalam surat Al-Baqarah ayat 181 dijelaskan,  Maka barangsiapa yang mengubah wasiat itu, setelah ia mendengarnya, maka sesungguhnya dosanya adalah bagi orang-orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 

Menurut ustazah Lulung Mumtaza, proses perubahan kelamin Dorce Gamalama tentunya sudah melalui proses medis. Artinya, syarat tersebut sudah cukup untuk membuatnya bisa dimakamkan secara perempuan.

Dorce Gamalama. (Instagram/@dg_kcp)

"Karena ketika bunda Dorce dulu dioperasi kan sudah disetujui pakar, dokter, psikolog udah oke, ketiga ulama, udah beres, ibadahnya kan dia selama ini sebagai perempuan," bebernya.

Baca Juga:
Ucapan Gus Miftah yang Diprotes Dorce Gamalama, Seret Aprilio Manganang

Ustazah Lulung Mumtaza menjelaskan, masyarakat Indonesia selama ini juga memperlakukannya sebagai perempuan. Oleh karena itu, ia menyarankan agar tak mengacaukan wasiat Bunda Dorce.

"Karena kan selama kita lihat beliau juga dipanggil Bunda, diperlakukan seperti perempuan, jadi jangan diubah dong wasiatnya, kasihan dong," terangnya.

Sule dan Dorce Gamalama. (Instagram/@ferdinan_sule)

Ustazah Lulung Mumtaza menyarankan untuk melakukan tindakan dengan melihat mana yang terbaik untuk keluarga yang ditinggalkan. Sebab, masalah dosa Allah Maha Tahu.

Baca Juga:
Lutfi Agizal Ikut Tegur Dorce Gamalama, Minta Jangan Jadi Contoh Sesat

"Kita menjaga yang esensi, amal beliau. Jangan sampai keluarga ribut. Kalau masalah di akhirat nanti urusan Allah, yang penting kita di dunia jangan ribut.  Allah yang Maha Tahu kodrat dia laki-laki atau perempuan, pokoknya dia berwasiat udah laksanain," pungkasnya.

Load More