Yohanes Endra Yuliani | MataMata.com
Potret Oki Setiana Dewi Dakwah (instagram/@okisetianadewi)

Matamata.com - Oki Setiana Dewi tengah disorot netizen karena dianggap menormalkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dalam potongan ceramah yang beredar di media sosial. Menanggapi hal itu, Ustazah Lulung Mumtaza tegas minta korban KDRT untuk bersuara.

"Kalau terjadi KDRT di dalam keluarga, kalau kita diam aja itu namanya mau aja dizalimin," kata Ustazah Lulung Mumtaza kepada MataMata.com, Kamis (3/2/2022).

Video dakwah Oki Setiana Dewi jadi sorotan. (Twitter/@NUgarislucu)

Kemudian, Ustazah Lulung Mumtaza menyinggung di balik turunnya surat Al Mujadalah ayat 1-4. Kisah di balik ayat tersebut berawal saat sahabat Nabi Muhammad SAW, Khaulah binti Tsa'labah, yang mengadukan persoalan rumah tangganya kepadanya.

Baca Juga:
10 Potret Oki Setiana Dewi, Pendakwah yang Video Ceramahnya soal KDRT Viral di Tik Tok

Kepada Nabi Muhammad SAW, Khaulah bilang kalau suaminya telah menzihar-nya. Zihar adalah sumpah menyamakan istri seperti ibunya sehingga haram baginya untuk selamanya.

Khaulah ingin menerima ajakan rujuk dari suaminya. Tapi karena belum turun ayat tentang persoalan Khaulah tersebut, Nabi Muhammad SAW tetap mengharamkan Khaulah dan sang suami rujuk.

Potret Oki Setiana Dewi Dakwah (instagram/@okisetianadewi)

Tak berhenti di situ, Khaulah berdoa pada Allah SWT. Dari situ, kemudian turun surat Al Mujadalah ayat 1-4 yang poinnya membolehkan keduanya rujuk, namun dengan beberapa syarat.

Baca Juga:
Ceramah Oki Setiana Dewi Jadi Kontroversi, Begini Tanggapan sang Suami

"Berarti apa? Boleh mengadu," kata Ustazah Lulung kepada Suara.com, Kamis (3/2/2022).

Ustazah Lulung kemudian mengutip surat An Nisa ayat 148 tentang larangan perkataan buruk. Karena itu, jika seseorang mengalami tindakan yang buruk, hal itu layak untuk diadukan ke orang lain.

"Kedua, dalam surat An Nisa 148 dijelaskan, Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Jadi kalau dizalimin, ngadu," ujar dia.

Baca Juga:
Heboh Ceramah Oki Setiana Dewi soal Istri Sembunyikan Aib Suami Tuai Pro Kontra

Kendati demikian, Ustazah Lulung yakin ada pendapat ulama yang berbeda dengannnya. Hal itu mungkin merujuk ke kisah yang berbeda pula.

Potret Oki Setiana Dewi Dakwah (instagram/@okisetianadewi)

"Tapi tiap ustaz/ustazah beda-beda, ada yang mengajarkan kesabaran, kita berdoa semoga Allah bisa merubah suami kita gitu kan, seperti Asiyah binti Muzahim yang sangat sabar menghadapi Firaun, misal gitu. Tapi ada juga yang tegas, kalau nggak kuat ya udah aduin, apalagi KDRT nya bertahun-tahun," katanya menjelaskan.

"Kalau semua perempuan nggak berani speak up serem juga ya. Jadi seorang istri sebaiknya, mungkin kalau cuma dicubit nggak usah ngadu tapi kalau sudah memar-memar masak nggak ngadu," kata dia lagi.

Baca Juga:
Oki Setiana Dewi Heran Lihat Wajah Putrinya yang Beranjak Gede: Khadeejah Makin Mirip Shindy Putri!

Sebelumnya soal KDRT ramai di media sosial menyusul potongan ceramah Oki Setiana Dewi yang viral. Ceramah itu menuai kritik publik, karena isi dari ceramahnya yang mengimbau agar istri menutupi aib kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Load More