Yohanes Endra | MataMata.com
Soimah Pancawati. (Instagram/showimah)

Matamata.com - Para netizen dan pemerhati dunia hiburan dihebohkan dengan beredarnya kabar duka yang menyebut Soimah meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan maut di jalan tol. Narasi ini dibagikan oleh akun TikTok @muhamadnur001.

Akun TikTok tersebut membagikan video berdurasi 10 detik yang mengabarkan Soimah meninggal dunia. Dalam video, akun ini membagikan gambar tangkapan layar sebuah postingan Belaayu yang mengunggah artikel dari artikelbarupdate.blogspot.com. Artikel ini memiliki judul yang membahas kematian Soimah.

CEK FAKTA Beredar Kabar Duka Soimah Meninggal Dunia Karena Kecelakaan Maut. (Turnbackhoax.id)

Selain itu, artikel ini juga dilengkapi dengan foto mobil putih yang mengalami kecelakaan. Soimah diklaim berada dalam mobil tersebut. Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga:
10 Momen Soimah momong Rayyanza dan Baby L, Kena Gumoh dan Bikin Nangis

"Berita Duka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Sohimah, InnaliIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Duk MnImut".

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Baca Juga:
Wajah Soimah 'Diinjak' Anak Lesti Kejora: Masih Kecil Ngajak Berantem

Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com telah menelusuri bahwa kabar duka Soimah meninggal dunia karena mengalami kecelakaan maut merupakan berita yang tidak benar.

Akun TikTok itu memang menyebut nama "Sohimah" yang mirip dengan nama artis Soimah. Namun faktanya, Soimah masih aktif membagikan kegiatan terbarunya di akun media sosial resminya.

Salah satunya adalah Soimah mengucapkan Hari Raya Imlek pada 1 Februari 2022. Ia membagikan foto dirinya sedang menggunakan baju merah dan berdandan meniru tradisi China.

Baca Juga:
Gaya Soimah Nyentrik saat Jenguk Baby Rayyanza, Rohimah Eks Kiwil Berduka

CEK FAKTA Beredar Kabar Duka Soimah Meninggal Dunia Karena Kecelakaan Maut. (Turnbackhoax.id)

Sementara itu, gambar mobil yang mengalami kecelakaan bukan yang ditumpangi Soimah. Foto mobil itu diambil saat kecelakaan yang terjadi di Tol Solo-Ngawi.

Adapun foto tersebut ditemukan dalam artikel detik.com yang berjudul "Korban Tewas Mobil Terbalik Usai Tabrak Jembatan di Tol Solo-Ngawi Bertambah".

Artikel itu membahas mengenai kecelakaan tunggal mobil Toyota Fortuner bernopol AB1402 PY yang terjadi di ruas Tol Solo-Ngawi KM 551.400A.

Baca Juga:
Soimah Jenguk Rayyanza Anak Raffi Ahmad, Oleh-olehnya Diketawain Iis Dahlia

Dalam kecelakaan tersebut, 2 korban meninggal dunia. Mereka adalah Athanasius Sudiar Kristyanto (46) yang meninggal di lokasi dan Mischa (7) meninggal dunia dalam perwatan di RS At-Tin.

Selain itu, artikel tersebut juga sama sekali tidak menyebut ada korban bernama Sohimah. Kecelakaan itu diketahui terjadi Sabtu 1 Januari 2022 pukul 17.00 WIB.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi kabar duka Soimah meninggal dunia karena mengalami kecelakaan maut adalah hoaks.

Narasi tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. (Ruth Meliana Dwi Indriani)

Load More