Ismail | MataMata.com
Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Matamata.com - Publik dibuat heboh dengan beredarnya kabar Soimah meninggal dunia karena kecelakaan di tol. Namun berita itu ternyata hanya hoaks yang dibuat oknum kurang bertanggung jawab.

Kabar meninggalnya Soimah meninggal di jalan tol sempat menjadi perbincangan di dunia maya. Padahal melalui akun Instagramnya, Soimah masih aktif mengunggah kegiatan dan jadwal manggungnya di salah satu stasiun nasional.

Selain itu dia memamerkan penampilannya dengan kebaya baru yang begitu elegan dan cantik. Layaknya wanita Jawa, rambut Soimah juga disanggul dengan rapinya.

Baca Juga:
Profil Cha Eun Woo ASTRO, Artis Korea yang Ditunjuk Sebagai Brand Ambassador MS Glow

Soimah pun tidak menanggapi soal kabar dirinya yang meninggal dunia. Nah penasaran dengan profil perempuan berdarah Jawa itu. Berikut rangkumannya yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Profil Soimah

Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Perempuan bernama Soimah Pancawati ini dikenal sebagai seniman Jawa yang multitalenta. Bisa jadi penyanyi, pelawak, presenter, sinden hingga pengusaha.

Baca Juga:
Sophia Latjuba Banjir Pujian Tampil Elegan Pakai Baju Transparan: Bidadari dari Kayangan!

Perempuan kelahiran 29 September 1980 ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Dia lahir dari keluarga biasa saja yang tak punya darah seni. Kedua orangtuanya, Hadinarko dan Kasmiyati adalah pedagang ikan.

2. Sejak Kecil sudah Bantu Orangtua Bekerja

Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Hidup Soimah juga cukup susah sehingga mau tak mau harus bekerja membantu orangtuanya. Di masa anak-anak cuma tahu belajar dan bermain, dia sudah harus ikut berjualan ikan di pasar dari jam 3 dini hari.

Baca Juga:
Pamer Copot Hijab, Puput Sudrajat Ibu Tiri Vanessa Angel Tuai Sorotan

Hanya saja Soimah kecil memang sosok yang riang dan suka tampil. Dia pernah mengungkapkan kalau sang ibu suatu ketika bilang kalau dirinya akan bisa seperti artis di TV.

Punya bakat seni, akhirnya setelah lulus SMP, Soimah melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia dan mengambil jurusan Karawitan. Benar saja, dari situ Soimah makin bisa mengembangkan bakatnya terutama bernyanyi. Dia bahkan pernah menjadi juara 2 lomba nyanyi Bintang Karaoke Dangdut.

Asmara

Baca Juga:
Nama Fuji Dicatut Penipuan, Modusnya 'Jual Privasi' dengan Bayaran Rp 300 Ribu

Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Soal asmara, Soimah termasuk setia dengan pasangan. Dia pacaran sejak kuliah dengan Herwan Prandoko (Koko) dan akhirnya menikah pada 27 Desember 2002. Bahkan suaminya kini yang menjadi managernya.

Dari pernikahan itu, Soimah dikaruniai dua anak yakni Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang. Anak-anaknya pun kini sudah tumbuh remaja.

Perjalanan Karier

Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Sempat disinggung di atas kalau awal karier seniman Soimah dimulai dari sekolah menengah. Namun untuk dunia entertainment, dia pertama kali tampil di ANTV, dia menjadi penyanyi latar untuk acara Seger.

Selain punya suara bagus sebagai penyanyi dan sinden, Soimah juga dikenal lucu hingga akhirnya disebut sebagai pelawak. Bakat komedinya muncul saat dia membawakan acara talkshow bernama Show Imah. Sejak saat itu namanya makin dikenal publik.

Baru kemudian dia jadi ramai mengisi sejumlah acara stasiun TV mulai dari juri Indonesia Mencari Bakat, Comedy Project dan Opera Van Java.

Kalau sekarang Soimah aktif menjadi juri di ajang pencarian bakat dangdut atau bakat lain di Indosiar.

Prestasi dan Karya

Profil Soimah. (Instagram/@showimah)

Sejumlah nominasi penghargaan sudah didapatkan Soimah. Mulai dari Presenter Talkshow Hiburan Terfavorit, Artis Solo Dangdut Wanita Kontemporer Terbaik, Juri Dangdut Terfavorit, Penyanyi Dangdut Terpopuler. Meski tak semuanya dia menangkan namun itu menunjukkan kalau keberadaan Soimah di dunia hiburan sangat dipertimbangkan.

Untuk karya, tak hanya sebagai pengisi sederetan acara TV saja. Soimah juga pernah merilis album berjudul 40th Anniversary Soimah (2020). Dan beberapa single salah satu yang populer adalah Woyo Woyo (2015).

Dunia akting juga pernah dicobanya yakni dengan bermain di film Musik untuk Cinta (2016). Selain itu, Soimah juga menjadi bintang iklan untuk sejumlah produk ternama.

Kekayaan Soimah

Soimah Pancawati. (Instagram/showimah)

Dari kerja kerasnya di dunia entertainment, Soimah dapat mewujudkan mimpinya memiliki hunian mewah baik di Jakarta maupun di Yogyakarta. Dia bahkan dijuluki sebagai Crazy Rich Bantul.

Di rumahnya di Bantul, Yogyakarta, Soimah menyalurkan hobinya pada tanaman. Dia bahkan menyiapkan pekarangan khusus untuk tanaman-tanaman mahalnya.

Selain tanaman yang punya tempat khusus, dia sebagai seniman juga membangun pendopo sendiri di Yogyakarta. Pendopo Soimah itu dibangun dengan tujuan sebagai ruang berkesenian khususnya seniman di Yogyakarta. Dia pun menggratiskan siapa saja yang ingin berkegiatan di pendoponya.

Nah itu tadi profil Soimah, seniman kampung yang kini jadi artis ternama ibu kota.

Kontributor: Nur Khasanah
Load More