Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Profil Yati Surachman. (Instagram/@yatiesurachmanreal)

Matamata.com - Artis senior Yati Surachman baru-baru ini mengungkapkan kisah perjalanan spiritualnya, seperti dilansir dari kanal YouTube Miracle of Life. Yati Surachman yang lahir dan tumbuh di keluarga muslim memutuskan untuk keluar dari Islam dan memeluk agama Kristen.

Perjalanan spiritualnya ini dimulai sejak ia berusia 12 tahun. Namun karena takut dengan reaksi dari keluarganya, Yati memutuskan untuk menyembunyikan agama barunya. Ia tetap menjalani ritual agama Islam walau hanya secara lahiriah saja.

Lepas dari keputusan Yati Surachman untuk berpindah keyakinan tadi, ia adalah salah satu artis senior yang sarat prestasi. Puluhan judul film layar lebar sudah ia bintangi sejak tahun 1972. Peraih penghargaan Aktris Terbaik dalam ajang Festival Film Asia Pasifik 1980 ini menjadi artis senior yang aktingnya selalu dinantikan.

Baca Juga:
Sebelum Pindah Agama, Yati Surachman Akui Pernah Khatam Alquran

Kenalan lebih dekat dengan sosoknya lewat ulasan profil Yati Surachman berikut ini.

1. Biodata Yati Surachman

Profil Yati Surachman. (Instagram/@yatiesurachmanreal)

Yati Surachman lahir di Jakarta pada 8 Agustus 1957 dengan nama lengkap Yati Surachman Agustina. Yati lahir dan dibesarkan oleh keluarga muslim, sehingga ia pun menganut agama Islam sampai usia 12 tahun. Yati menjalankan salat dan bahkan khatam Alquran.

Baca Juga:
Keluarga Islam, Yati Surachman Pindah ke Kristen

Ia merupakan anak pertama dari 9 bersaudara. Sejak kecil ia bertanggung jawab adik-adiknya termasuk atas kesalahan yang adik-adiknya perbuat. Hal ini sempat membuatnya merasa kewalahan karena beban yang harus ia tanggung sebagai anak pertama.

2. Perjalanan Spiritual

Profil Yati Surachman. (Instagram/@yatiesurachmanreal)

Yati Surachman lahir dan memeluk agama Islam sampai usianya 12 tahun. Ia menjalankan ibadah agama Islam dengan baik mulai dari salat hingga membaca Alquran. Namun pada saat itu belum banyak Alquran terjemahan sehingga Yati merasa kesulitan untuk memahami arti dari ayat-ayat suci Alquran. Ia sudah berusaha untuk mencari Alquran terjemahan agar dirinya bisa memahami arti dari ayat Alquran yang ia baca.

Baca Juga:
Ibunda Aktris Senior Yati Surachman Meninggal Dunia

Sayangnya saat itu ia tidak bisa menemukan Alquran terjemahan hal ini lantas membuatnya ragu karena ia tidak bisa memahami maksud ayat suci tersebut. Hingga pada Natal ketika usia 12 tahun, ia mengunjungi rumah seorang tetangga yang ternyata sedang merayakan Natal. Yati melihat pohon Natal dan menemukan kedamaian saat melihatnya.

Kedamaian yang selama ini tidak ia temukan di rumah yang sudah memberinya tanggung jawab besar atas adik-adiknya. Kedamaian itu ia rasakan saat melihat keindahan pohon Natal. Ia memutuskan untuk memeluk agama Kristen. Keputusannya ini sempat ia sembunyikan hingga ia lulus sekolah film. Ia tetap menjalankan salat walau hanya gerakannya saja karena ia belum berani mengaku pada orang tuanya.

3.  Perjalanan Karier

Baca Juga:
Sampai Pinjam Kartu Kredit Ponakan, Yati Surachman Kesulitan Ekonomi

Profil Yati Surachman. (Instagram/@yatiesurachmanreal)

Yati Surachman memulai kariernya sebagai bintang film pada tahun 1972 lewat film Anjing-Anjing Geladak. Nama mulai dikenal lewat film Inem Pelayan Seksi (1975), namun namanya baru benar-benar melejit ketika ia memerankan karakter Sumirah “Sum” Kuning dalam film Perawan Desa (1978).

Lewat film yang diangkat dari kisah nyata tentang gadis penjual telur bernama Sum Kuning yang diperkosa anak pejabat, Yati Surachman meraih puncak popularitas. Bahkan ia sukses meraih penghargaan Best Actress di Festival Film Asia Pasific 1980.

Yati Surachman memang memulainya dari film layar lebar, baru sekitar tahun 2000-an ia mulai terjun ke dunia sinetron. Prestasinya di dunia sinetron sama bersinarnya dengan dunia film. Pada tahun 1995 lewat sinetron berjudul Dukun Palsu, Yati Surachman dinominasikan untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Piala Viada, sebuah ajang penghargaan untuk sinetron Indonesia. Kini peran yang sering ia terima adalah peran sebagai seorang nenek, baik di film maupun sinetron.

Itu tadi profil Yati Surachman, artis senior dengan segudang prestasi yang memutuskan pindah agama setelah melihat dan menemukan kedamaian dari pohon Natal.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More