Ismail | MataMata.com
Jumpa pers konser Monokrom Tulus di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. [Ismail/Suara.com]

Matamata.com - Tulus akhirnya merilis album baru berjudul Manusia setelah terakhir kalinya pada 2016 silam. Album yang dirilis pada 3 Maret 2022 ini merupakan album kelima sekaligus perayaan 10 tahun karier Tulus sebagai penyanyi di industri musik Tanah Air.

Seperti apa cerita Tulus mengenai album terbarunya kali ini? Simak ceritanya melalui berbagai fakta album "Manusia" Tulus berikut ini.

1. Berisi 10 Lagu

Baca Juga:
8 Potret Baby Zakia Anak Natta Reza, Didoakan Jadi Penghapal Alquran

Fakta Album Manusia Tulus (siaran pers)

Album Manusia Tulus berisi 10 lagu dengan semua judul berbahasa Indonesia. Lagu-lagu tersebut di antaranya Tujuh Belas, Kelana, Remedi, Interaksi,  Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-hati Di Jalan, Diri, dan Satu Kali.

Semua lagu berisi tentang beragam rasa yang dialami manusia sehingga Manusia dipilih sebagai judul album Tulus kali ini. Selain itu, 10 lagu tersebut terinspirasi dari hasil interaksi Tulus dengan manusia.Tulus menuangkan ceritanya sendiri, cerita yang ia lihat, interaksinya dengan orang lain, dan yang tak kalah penting adalah interaksi kepada diri sendiri.

2. Paduan Suara hingga Orkestra Erwin Gutawa

Baca Juga:
Ivan Gunawan Semprot Adik Ayu Ting Ting yang Bongkar Isi Amplop Pemberiannya

Fakta Album Manusia Tulus  (siaran pers)

Tulus selalu berusaha menghadirkan warna baru setiap merilis album baru. Namun suatu hal baru itu dipastikan tidak akan asing bagi para pendengar setianya.Warna baru di album "Manusia" Tulus kali ini juga berasal dari eksplorasi membuat lagu dengan menggaet sejumlah talenta. Tulus rupanya menggandeng sejumlah musisi kenamaan untuk menulis lagu di album "Manusia".

Adapun musisi yang terlibat dalam album "Manusia" di antaranya Petra Sihombing, Topa Abimanyu, Yoseph Sitompul, dan produser Ari Renaldi. Beberapa lagu juga terdengar semakin sempurna dengan perpaduan orkestra Erwin Gutawa yang direkam di Budapest Scoring Symphonic Orchestra, Hungaria, serta iringan paduan suara.

3. Langsung Rilis Album

Baca Juga:
Atta Halilintar Sewot Baby Ameena Terlihat Aurat, Shireen Sungkar Malah Tak Tega

Fakta Album Manusia Tulus  (siaran pers)

Album "Manusia" berisi lagu-lagu istimewa hingga mendapat perlakuan berbeda dari Tulus. Apabila Tulus dan musisi lain biasanya merilis beberapa single terlebih dahulu sebelum sebuah album lahir, kali ini sedikit berbeda. Tulus mengaku sudah tidak sabar apabila harus melakukan 'ritual' merilis beberapa single sehingga langsung mengeluarkan album "Manusia" untuk para penggemar yang sudah lama menunggu.

4. Lagu Favorit Tulus

Fakta Album Manusia Tulus  (Tulus)

Dari 10 lagu di album Manusia, Tulus ternyata paling suka lagu Tujuh Belas. Tulus juga merilis lagu tersebut sepekan lebih awal dan merilis video musiknya melalui kanal YouTube pada Kamis (3/3/2022).

Baca Juga:
6 Potret Jennifer dan Irfan Bachdim Photoshoot Pakai Baju Adat Bali, Jadi Perhatian Warganet

Lagu Tujuh Belas pun berada di urutan pertama track di album ini Tulus versi digital. Kendati demikian, 9 lagu setelah "Tujuh Belas" juga menjadi favorit Tulus kok. Jangan lupa dengarkan di platform musik digital langgananmu ya!

5. Cara Menikmati Album Manusia

Fakta Album Manusia Tulus  (siaran pers)

Tulus rupanya menawarkan dua cara untuk menikmati album "Manusia". Pendengar bisa mendengar setiap lagu di album "Manusia" satu per satu sesuka hati atau secara berurutan.

Namun dengan mendengarkan secara berurutan, Tulus berharap pendengar bisa merasakan kesinambungan dari laut ke lagu. Bukan sebuah cerita, Tulus membicarakan kesinambungan 'rasa' dari lagu ke lagu yang diharapkan sampai kepada para pendengar.

6. Bahasa Indonesia yang Elegan

Fakta Album Manusia Tulus  (siaran pers)

Selain musik dan suara Tulus yang merdu, lirik lagu juga menjadi kekuatan  dalam album "Manusia". Tulus semakin menunjukkan keeleganan bahasa Indonesia dalam setiap lirik di 10 lagu album terbarunya. Sama sekali tak ditemukan kata atau kalimat berbahasa asing dalam album "Manusia" Tulus, loh!

Selama 2 tahun terakhir menggarap album "Manusia", Tulus mengaku melalui proses eksplorasi bahasa yang menyenangkan. Bagaimana pendapatmu mengenai album terbaru Tulus "Manusia" ini guys? Sudah dengerin semua lagunya, belum?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More