Ismail | MataMata.com
Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Matamata.com - Film Indonesia masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia. Bahkan sepanjang tahun 2007 hingga 2022, sejumlah film Indonesia yang tayang di bioskop berhasil meraih jutaan penonton.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19. Tahun 2022 ini, film "Kukira Kau Rumah" berhasil menjadi film terlaris dengan perolehan lebih dari 2 juta penonton. Pencapaian tersebut membuat film "Kukira Kau Rumah" mendapatkan rekor MURI.

Ingin tahu film Indonesia apa saja yang paling banyak ditonton sepanjang masa? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Musisi MF yang Ditangkap karena Narkoba Adalah Fauzan Lubis Alias Ojan Vokalis Sisitipsi

1. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1 (2016)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

"Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!" belum tergeser oleh film Indonesia mana pun dengan perolehan 6.858.616 penonton. Grup Warkop memang legendaris, ditambah lagi penampilan Vino G. Bastian, Abimana Aryasatya, dan Tora Sudiro yang masing-masing berperan sebagai Kasino, Dono, dan Indro. Sebagai satu-satunya personel grup Warkop yang tersisa, Indro pun ikut tampil. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!" kini bisa disaksikan melalui Disney+ Hotstar.

2. Dilan 1990 (2018)

Baca Juga:
Viral Lagi Nikita Mirzani 'Sumpal' Mulut Tante Lala Pakai Kapas: Minus Sopan Santun

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Selanjutnya ada film "Dilan 1990" yang mengumpulkan 6.315.664 penonton. "Dilan 1990" memang fenomenal dengan penampilan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai pemeran utama. Diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq, "Dilan 1990" kini dapat ditonton melalui Netflix.

3. Dilan 1991 (2019)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Sekuel kedua berjudul "Dilan 1991" menyusul di urutan ketiga film Indonesia paling banyak ditonton sepanjang masa. "Dilan 1991" yang memperoleh 5.253.411 penonton masih menampilkan Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea. "Dilan 1991" juga tayang d Netflix. Sedangkan sekuel ketiga sekaligus terakhir berjudul "Milea: Suara Dari Dilan" (2020) berada di peringkat ke-11 film paling banyak ditonton sepanjang masa dengan perolehan 3.157.817.

Baca Juga:
12 Momen Gender Reveal Anak Kedua Cut Meyriska dan Roger Danuarta, Bapaknya Girang Dapat Anak Lelaki

4. Laskar Pelangi (2008)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Film "Laskar Pelangi" disaksikan 4.719.453 penonton saat media sosial belum menjadi media promosi sekuat sekarang. "Laskar Pelangi" merupakan film adaptasi novel karya Andrea Hirata yang laris manis. Tak perlu bintang-bintang tenar untuk membuat "Laskar Pelangi" mengundang banyak penonton ke bioskop. Film yang sudah tayang di Disney+ Hotstar dan Vidio ini justru dibintangi aktor-aktor cilik baru, di antaranya Zulfanny, Ferdian, Jeffry Yanuar, Verrys Yamarno, dan Levina.

5. Habibie & Ainun (2012)

Baca Juga:
8 Potret Kim Young Dae di Shooting Stars, Bintang Top yang Bikin Klepek-Klepek

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Kisah cinta "Habibie & Ainun" yang dituliskan almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie kemudian dibawa ke layar lebar. Baik buku dan filmnya berhasil laris manis. Film "Habibie & Ainun" yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari berhasil merayu 4.601.249 penonton ke bioskop, sekaligus menjadi film terlaris ke-5 sepanjang masa. Film "Habibie & Ainun" kini telah tersedia di berbagai OTT, mulai dari Catchplay+, WeTV, Viu, Vidio, hingga Disney+ Hotstar.

6. Pengabdi Setan (2017)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Film horor Indonesia juga mengalami kebangkitan sejak kehadiran "Pengabdi Setan" karya Joko Anwar. Sebanyak 4.206.103 penonton menyaksikan "Pengabdi Setan" yang dibintangi Tara Basro cs pada 2017 silam. Sekuel "Pengabdi Setan 2: Communion" dikabarkan akan rilis tahun 2022 ini. Bagi yang belum nonton film pertama di bioskop, bisa disaksikan melalui Viu, Netflix, dan Disney+ Hotstar.

7. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 (2017)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Sekuel "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss" juga termasuk dalam film Indonesia paling banyak ditonton sepanjang masa urutan ke-7 dengan perolehan 4.083.190 tiket bioskop. Film produksi Falcon tersebut masih dibintangi Vino G. Bastian, Abimana Aryasatya, serta Tora Sudiro dan dapat disaksikan melalui Disney+ Hotstar.

8. Ayat-ayat Cinta (2008)

Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Sepanjang Masa (IMDb)

Sama fenomenalnya dengan "Laskar Pelangi", film "Ayat-ayat Cinta" juga disaksikan 3.676.210 penonton di era media sosial belum seramai sekarang. "Ayat-ayat Cinta" yang dibintangi Fedi Nuril, Rianti Cartwright, dan dan Carissa Putri sudah bisa ditonton melalui berbagai OTT. Di antaranya Netflix, Viu, Vidio, WeTV, Catchplay+, dan Disney+ Hotstar.

Itulah 8 film Indonesia yang paling banyak ditonton sepanjang masa berdasarkan data filmindonesia.or.id. Film mana favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More