Yohanes Endra Yazir Farouk | MataMata.com
Nia Daniaty (Instagram/@niadaniatynew)

Matamata.com - Baru-baru ini beredar kabar Nia Daniaty meninggal dunia akibat kecelakaan. Isu tersebut berawal dari sebuah kontan di kanal YouTube Jurnal Informasi.

Bila diperhatikan, video tersebut menggunakan narasi, "Artis Senior ‘NIA DANIATI’ Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Mobil". Ada juga "Artis Senior 'NIA DANIATI' Tewas Tertabrak Mobil Pastur"

Cek Fakta: Nia Daniati meninggal (turnbackhoax)

Lantas apakah benar berita tersebut?

Baca Juga:
Kerugian Tembus Rp9 M, Korban Tak Terima Putri Nia Daniaty Cuma Dituntut 3,5 Tahun Penjara

PENJELASAN

Isi video itu tidak menjelaskan bahwa yang meninggal adalah artis senior Nia Daniaty. Ini tentu saja tak sesuai dengan judul video, berdasarkan penulusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com.

Nia Daniaty dan Olivia Nathania. (Instagram/niadaniatynew)

Di dalam video dijelaskan bahwa Nia Daniaty yang dimaksud adalah seorang ASN Polda Bangka Belitung, bukan Nia Daniaty yang merupakan artis senior.

Baca Juga:
Olivia Nathania Putri Nia Daniaty Dituntut 3,5 Tahun Penjara, Dapat Keringanan gegara Ini

Selain itu, foto yang digunakan untuk thumnail video juga foto yang berbeda. Kanal YouTube tersebut memakai foto kecelakaan beruntun yang melibatkan sebanyak 11 kendaraan di tol Jakarta-Cikampek KM 49, Sabtu (30/102021).

Penyanyi Nia Daniaty saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Mengutip Suarabogor.id, kecelakaan yang dialami perempuan tersebut terjadi saat dia melaju dari arah Polda Babel menuju lampu merah Air Itam. Peristiwa terjadi pada Rabu (30/12/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

SuaraBogor.id juga memberikan keterangan bahwa korban meninggal atas nama ND seorang ASN Polda Babel.

Baca Juga:
Farhat Abbas Syok Nia Daniaty Terlilit Lintah Darat Gadai Rumah Rp 3,5 Miliar: Bikin Susah!

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka klaim yang menyebutkan Nia Daniaty meninggal adalah hoaks. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Baca Juga:
10 Potret Dua Rumah Nia Daniaty, Ada yang Digadaikan Seharga Rp3,5 Miliar

Load More