Nur Khotimah | MataMata.com
Marshel Widianto (instagram/@marshel_widianto)

Matamata.com - Salah satu unggahan Instagram Marshel Widianto saat berkunjung ke Paris menjadi polemik. Di mana unggahan tersebut menunjukkan momen Menara Eiffel di malam hari dengan lampu yang menyala.

Marshel Widianto diserang sejumlah netizen perihal postingan itu karena dinilai melanggar aturan. Marshel disebut-sebut bisa dikenai sanksi internasional karena membagikan foto Menara Eiffel di malam hari.

Perihal tuduhan tersebut, Marshel akhirnya buka suara lewat tayangan YouTube VINDES. Kepada Vincent dan Desta, Marshel menjelaskan duduk perkara postingan yang membuat netizen meradang.

Baca Juga:
Hotman Paris Kembali Diadukan ke Peradi: Apakah Mulia Peluk-peluk Wanita?

"Emang yang dipermasalahin apa sih?" tanya Desta dalam video YouTube VINDES yang tayang pada Jumat (1/4/2022).

"Yang dipermasalahkan adalah ketika kita foto, katanya ya, ketika Menara Eiffel lagi menyala lampunya terus itu membuat kita jadi keuntungan buat kita, itulah baru masalah," jelas Marshel Widianto.

Marshel Widianto foto dengan latar Menara Eiffel malam hari. (Instagram/marshel_widianto)

Mendengar penjelasan Marshel, Desta pun semakin penasaran. Ia menanyakan perihal siapa pihak yang akan menuntut dan sikap dari pengelola yang bertanggung jawab atas unggahan tersebut.

Baca Juga:
7 Seleb Tak Lagi Puasa Ramadan Karena Pindah Agama, Ada Asmirandah dan Audi Marissa

Marshel juga mengungkap sikap pengelola atas foto Menara Eiffel di malam hari yang dipamerkan di media sosial miliknya. Ternyata pihak yang bersangkutan tak pernah memberikan peringatan atau apa pun.

"Terus lu yang mau nuntut siapa?" tanya Desta penasaran.

"Nah, katanya saya akan terkena yang namanya hukum internasional, Pak," jelas Marshel.

Baca Juga:
Dikira Batik Biasa, Baju Fuji di Acara TV Ternyata Berhias Kristal dan Harganya Fantastis

"Tapi ada langkah-langkah ke sana (memberikan sanksi) dari mereka? Ngirim email atau apa?" tutur Desta lagi.

"Oh enggak ada Pak, karena memang saya tidak mempublish dengan keuntungan diri sendiri. Jadi enggak mengomersilkan itu (foto Menara Eiffel di malam hari)," sahut Marshel.

Melansir dari beragam sumber, pihak yang bertanggung jawab mengelola gambar atau foto Menara Eiffel adalah Societe d'Exploitation de la Tour Eiffel (SETE). Biasanya pihak yang ingin mengabadikan foto Menara Eiffell harus mengantongi izin dari SETE.

Baca Juga:
VIVIZ Tampil Memukau Bawakan Lagu GFRIEND di Panggung Queendom

Namun, izin tersebut diajukan oleh pihak-pihak yang bertujuan mengambil foto atau video Menara Eiffel secara profesional untuk tujuan komersil, seperti majalah, website berbayar, film, kartu pos, dan lain sebagainya.

Sementara foto Menara Eiffel yang diambil untuk kepentingan pribadi dan diunggah di media sosial tanpa ada tujuan komersil tetap diperbolehkan atau legal.

Load More