Ade Wismoyo | MataMata.com
Kiky Saputri. (Instagram/@kikysaputrii)

Matamata.com - Polemik minyak goreng yang harganya makin mahal hingga langka di pasaran membuat sederet selebriti ikut resah. Mereka memberikan kritikan pada pemerintah lewat komentar hingga sindiran bernada pedas.

Tak hanya koar-koar di media sosial atau langsung di hadapan publik saat membawakan acara TV hingga diwawancara awak media, mereka juga beberapa terjun langsung untuk memberikan bantuan pada warga sekitar yang kesulitan mendapatkan minyak goreng.

Nah seperti apa kritik dan sindiran mereka terhadap polemik minyak goreng langka dan mahal. Berikut ini rangkuman Matamata.com!

1. Iwan Fals

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@iwanfals)

Musisi senior yang sering mengkritik kebijakan pemerintah atau isu sosial lewat lagu, Iwan Fals tak tinggal diam. Dia merilis single baru berjudul Minyak Goreng.

Lirik lagunya pun sangat sesuai menggambarkan kondisi sekarang. Di mana ibu-ibu banyak yang mengeluh karena kelangkaan minyak goreng hingga harganya yang mahal.

"Minyak goreng menguap. Hilang dan lenyap di pasar. Semua Ibu-ibu menggerutu (pun bapak-bapaknya sudah barang tentu). Kocar Kacir di pasar-pasar."

"Aku kesal, kok konglomerat tega? Aku resah, kok polisi tak berdaya? Aku marah, kok pemerintah begitu mudah dipermainkan? Aku geram, kok kasus itu terus berulang?" lanjut lirik lagu itu.

Apakah lagu Iwan Fals kali ini bisa didengar pemerintah sebagai kritikan nggak ya?

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@iwanfals)

2. Krisdayanti

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@krisdayantilemos)

Artis sekaligus anggota DPR RI Krisdayanti terang-terangan mengkritik pemerintah terkait kelangkaan dan harga tinggi minyak goreng. Sama seperti ibu-ibu pada umumnya, dia juga mengeluh susah mendapatkan minyak goreng dan saat dapat namun harganya dua kali lipat lebih mahal.

“Enggak ada minyak goreng khusus anggota DPR, khusus kyai, khusus dokter. Sama semua kesulitan minyak goreng,” keluh Krisdayanti.

Ibu Aurel Hermansyah itu menyoroti kebijakan Menteri Perdagangan yang dulu pernah berjanji tak akan mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng. Namun kenyataannya malah dicabut dan itu yang membuat minyak goreng jadi mahal di pasaran.

Kritikan Krisdayanti yang dilontarkannya di sosial media sontak mendapat respons netizen. Mereka kebanyakan sepakat dengan istri Raul Lemos itu.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@krisdayantilemos)

3. Kiky Saputri

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@kikysaputrii)

Komika Kiky Saputri sejak minyak goreng langka sudah ikut menyuarakan isu tersebut. Dia curhat dia media sosialnya kalau sang ibu mengeluh harga kebutuhan pokok semuanya naik bahkan susah mendapatkan minyak goreng.

Komika yang suka roasting pejabat dan artis lain ini kemudian merasa kasian juga dengan para tetangganya yang juga kesulitan mendapat minyak goreng. Dia bahkan sampai inisiatif membantu beberapa tetangganya agar biasa belanja kebutuhan pokok.

"Apakah ini saatnya menyanyikan lagu, Ku menangis membayangkan betapa kejamnya dirimu kepada rakyatmu. Tapi bagaimana dengan jutaan tetanggaku diluar sana? jutaan orang yang hidupnya terkoyak persoalan minyak," katanya.

Tak selesai di situ, Kiky Saputri juga menyindir pedas saat dia dalam acara TV yang dibawakannya.

Dia menyebutkan kalau ada yang bisa digoreng tanpa minyak goreng yakni isu politik. Sontak saja, candaan Kiky ini bikin rekan artis lain ketar-ketir karena terlalu berani mengkritik.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@kikysaputrii)

4. Miing Bagito

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@tb.dedy_miing_gumelar)

Komedian senior Miing Bagito juga menjadi sorotan karena berani mengkritik soal polemik minyak goreng. Hal itu terlihat saat dia menjadi salah satu bintang tamu di acara komedi yang dipandu Kiky Saputri juga.

Di situ, dia menyindir soal makanan yang harusnya digoreng namun jadi dikukus karena tak ada minyak goreng atau tak mampu beli akibat harganya mahal.

"Saya makan nasi goreng, tapi dikukus," ucap Miing.

"Nasi goreng digoreng itu dulu. Kan sekarang minyak goreng susah, jadi bikinnya dikukus. Tapi namanya tetap nasi goreng," kata Miing lewat bahasa sarkas.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@tb.dedy_miing_gumelar)

5. Kemal Palevi

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@kemalpalevi)

Komika Kemal Palevi juga terang-terangan mengkritik polemik minyak goreng. Dia menyoroti soal penyataan mantan presiden Megawati yang menyuruh ibu-ibu beralih dari minyak goreng dan menggunakan metode memasak lain seperti mengukus atau merebus.

Menurut Kemal, apa yang dilontarkan Megawati bukanlah solusi melainkan bikin suasana makin panas ibu-ibu.

"Ibu gak ikut ngantri sih. Terus nasib penjual gorengan gimana bu? Masa mereka skrg jualan rujak? Bu, saya fans berat bakwan bu. Apalagi buat buka puasa bu. Tolong bu," tulisnya di akun Instagramnya.

Dia juga kemudian menyinggung soal Megawati dan partai politiknya yang menggelar acara demo memasak tanpa minyak.

"Masa bu Mega baper pas kmaren viral ituu? Sampai bikin demo masak? Gak lah yaa. Tapi sumpah penasaran sih sama demo masaknya," tulisnya lagi.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@kemalpalevi)

6. Rahma Azhari

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@raazharita)

Tak lagi tinggal di Indonesia, namun artis cantik dan seksi Rahma Azhari ikut menyindir polemik minyak goreng. Seperti diketahui, dia kini menetap di Los Angeles, Amerika Serikat setelah menikah dengan orang sana.

Sindiran adik Sarah Azhari ini terlontar saat ditanya netizen Indonesia yang merindukan kehadirannya di dunia entertainment Indonesia.

“Kalo ditanya ‘mba rahma kapan pulang indo dan kapan syuting lagi?’, nunggu minyak goreng aman baru pulang,” ungkap Rahma Azhari.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@raazharita)

7. Pandji Pragiwaksono

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@pandji.pragiwaksono)

Senada dengan Kemal Palevi, Pandji Pragiwaksono juga menyoroti ucapan Megawati soal kelangkaan minyak goreng.

“Masi jadi salah satu video tersuram yang pernah gue liat. Udah gak sembunyi-sembunyi lagi ngomong begini,” twit Pandji Pragiwaksono.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@pandji.pragiwaksono)

8. Anji Manji

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@duniamanji)

Musisi Anji juga mengeluhkan kelangkaan minyak goreng lewat akun sosial medianya. Dalam postingannya, dia sampai menyindir soal para crazy rich hingga menyebut nama Deddy Corbuzier.

“Mau kamu kaya, kamu sultan, kamu crazy rich atau kalau kamu itu Deddy Corbuzier, kalau kalau kamu dimintai tolong sama pasangan beli minyak goreng, yang tadinya harganya 48 ribu dan sekarang jadi 28 ribu dan kamu nggak nemu di mana-mana,” kata Anji.

“Di mana-mana, ngak nemu, nggak tahu siapa yang nimbun, aduh ribet,” kesalnya.

Sontak postingan Anji saat itu langsung diserbu dengan curhatan serupa para netizen yang juga kesusahan mendapatkan minyak goreng.

Artis sindir polemik minyak goreng langka. (Instagram/@duniamanji)

Itu tadi deretan artis sindir polemik minyak goreng langka. Siapa yang paling menohok menurutmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More