Ade Wismoyo | MataMata.com
Potret Ruri Repvblik jualan es kelapa kurma (Instagram/@ruri_repvblik)

Matamata.com - Artis yang terjun ke dunia bisnis sudah menjadi hal biasa dewasa ini. Namun artis jadi pedagang kaki lima terdengar sangat tidak mungkin. Nyatanya kemustahilan tersebut ditunjukkan beberapa artis Tanah Air yang tak gengsi menjadi pedagang.

Bukan restoran mewah, sederet artis ini justru berdagang di pinggir jalan. Siapa saja artis yang menjadi pedagang kaki lima? Simak ulasan yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

1. Ruri Repvblik

Baca Juga:
Nita Gunawan Ingin Cari Pasangan yang Ganteng dan Mapan, Kode ke Raffi Ahmad?

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@kenapakurmaruri)

Ruri Repvblik mendadak jadi pedagang es kelapa muda di tengah pandemi Covid-19. Sebagai vokalis band Repvblik, Ruri menjadi salah satu musisi yang terdampak akibat tidak diperbolehkannya kerumunan selama pandemi. Ruri tak gengsi karena merasa berdagang merupakan pekerjaan yang halal dan berkah dalam mencari rezeki.

2. Gisella Anastasia

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@gisel_la)

Gisella Anastasia diketahui membuka bisnis nasi goreng bersama sang mantan kekasih, Wijaya Saputra alias Wijin. Baru-baru ini, Gisel juga turun tangan memasak nasi goreng untuk mempromosikan program bagi THR bisnisnya itu. Gisel tampak tersenyum semringah meski harus berpanas-panasan di dekat penggorengan.

Baca Juga:
Raffi Ahmad Keceplosan di Belakang Kamera Bareng Nita Gunawan: Mau Cobain Aku?

3. Stuart Collin

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@capunggoreng)

Jarang muncul di layar kaca, Stuart Collin belakangan gemar travelling dan memilih terjun ke dunia bisnis. Beda dengan artis yang lain, Stuart Collin justru memilih berdagang gorengan. Stuart Collin rupanya berjualan pisang goreng kekinian dan tak gengsi terjun langsung untuk melayani pembeli sambil memberi 'bonus' foto bareng bagi fans yang datang.

4. Epy Kusnandar

Baca Juga:
9 Potret Syukuran Rumah Baru Thariq Halilintar, Gala Sky Jadi Tamu Spesial

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@epy_kusnandar_official)

Bersama sang istri, Epy Kusnandar merintis usaha warung yang menyajikan makanan tradisional Sunda. Dengan harga yang murah, usaha pemeran Kang Mus di sinetron "Preman Pensiun" ini menyajikan menu andalan sambel dadak dan ayam keramas. Warung Epy Kusnandar terletak di kawasan Kalibata dan dapat dibeli melalui aplikasi ojek online.

5. Aldi Taher

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (YouTube/Melaney Ricardo)

Aldi Taher kini juga beralih menjadi pedagang mi ayam. Setelah berhasil melawan penyakit kanker kelenjar getah bening yang dideritanya, Aldi agaknya ingin mencoba berbagai hal baru. Tawaran untuk membintangi sinetron pun masih terus mendatangi Aldi. Namun mantan suami Dewi Perssik tersebut juga tak malu turun tangan menyajikan mi ayam untuk pembeli.

Baca Juga:
Azka Corbuzier Tertawa Ngakak Bikin Sendi Kaki Vicky Prasetyo Geser: Kocak!

6. Pangky Suwito

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@pangky.suwito)

Aktor senior Pangky Suwito pun kini menjadi pedagang martabak. Pangky begitu serius menggeluti bisnis kulinernya tersebut hingga terjun langsung mensurvei pedagang-pedagang kaki lima yang menjual martabak di Jakarta. Usaha yang dirintis Pangky sejak 2015 tersebut sudah berkembang mencapai ratusan gerai di berbagai kota, bahkan luar negeri.

7. Alessia Cestaro

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@rajabugis_77)

Karena pandemi Covid-19, Alessia Cestaro dan sang suami, Ahmad Affandy, menjadi sepi job. Untuk bertahan hidup, Alessia dan Affandy banting setir menjadi pedagang. Ketika usaha warung ikut terdampak pandemi, mereka kembali putar otak. Alessia dan Affandy lantas berdagang kerupuk dan masker. Usaha kecil tersebut berkembang hingga kini telah menjadi distributor yang memiliki banyak reseller.

8. Jenita Janet

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@jenitajanet)

Jenita Janet diketahui telah dipersunting seorang pengusaha sukses. Belakangan Jenita juga ikut menjadi pedagang kaki lima dengan membuka bisnis bakso goreng alias basreng. Usaha kaki lima milik Jenita Janet tersebut kini telah memiliki puluhan cabang di kota-kota besar seperti Bandung, Subang, dan Palembang.

9. Ibnu Jamil

Artis Jadi Pedagang Kaki Lima (Instagram/@ibnujamilo)

Baru-baru ini, Ibnu Jamil kembali membuka bisnis baru. Ibnu Jamil rupanya membuat gerobak nasi goreng di depan kedai kopi milik sang istri, Ririn Ekawati. Meski masih baru, usaha nasi goreng Ibnu Jamil tersebut sudah laris manis. Bahkan saat pembukaan, ratusan orang menyerbu gerobak dagangan Ibnu Jamil dampak nama besarnya di dunia hiburan Tanah Air.

Itu dia beberapa artis jadi pedagang kaki lima yang tak gengsi menjajakan menu andalan mereka. Ada artis favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More