Yohanes Endra | MataMata.com
Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/olgasyahputra89/ivan_gunawan)

Matamata.com - Seleb Indonesia memiliki berbagai cara untuk beramal. Salah satunya dengan membangun masjid dan musala.

Meski tujuan utamanya untuk beramal, alasan para seleb ini membangun masjid juga beragam. Ada yang membangun masjid karena sudah berniat sejak lama, ada juga yang mewujudkan wasiat orangtua.

Lantas siapa saja seleb yang bagun masjid dan musala? Simak deretan namanya berikut ini.

Baca Juga:
12 Momen Umrah Gen Halilintar, Syahdu Berbuka Puasa di Masjid Nabawi

1. Olga Syahputra

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@olgasyahputra89)

Mendiang Olga Syahputra dikenal suka beramal semasa hidupnya. Kakak Billy Syahputra itu sempat membangun musala yang diberi nama Birrul Walidain Olga Syahputra. Berada di kawasan Jakarta Timur, hingga sekaran musala ini digunakan oleh masyarakat sekitar.

2. Julia Perez

Baca Juga:
Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda, Alasan di Baliknya Bikin Terenyuh

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@juliaperrezz)

Selain Olga Syahputra, mendiang Julia Perez juga membangun musala semasa hidupnya. Musala yang dibangun pedangdut cantik itu bernama Ar-Rahma dan berlokasi di Serang, Banten. Masyarakat setempat masih menggunakan musala Julia Perez sebagai tempat ibadah.

3. Didi Kempot

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@yanvellia_didikempotmanagement)

Didi Kempot meninggalkan para penggemarnya pada tahun 2020 lalu. Legenda campursari Tanah Air ini sempat membangun musala Al-Istiqamah di Ngawi untuk sang istri dan para tetangga. Meski sudah meninggal dunia, nama Didi Kempot masih dikenang melalui karya dan perbuatan amalnya.

Baca Juga:
Yura Yunita Dapat Mukjizat saat Salat di Masjid Nabawi: Kayak Film Spongebob

4. Dorce Gamalama

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@dg_kcp)

Dorce Gamalama dikenal sebagai sosok yang dermawan semasa hidupnya. Mendiang juga aktif dalam kegiatan sosial, salah satunya dengan membangun Masjid Al Hayyu sekitar 10 tahun yang lalu. Masjid yang dibangun Dorce Gamalama dibuka untuk umum.

5. Dewi Perssik

Baca Juga:
5 Fakta Ivan Gunawan Bangun Masjid di Afrika, Bakal Jadi yang Terbesar di Daerah Tersebut

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@anggawijaya88)

Dewi Perssik mungkin sibuk dalam pekerjaannya. Namun pedangdut cantik itu tidak pernah lupa untuk beramal. Istri Angga Wijaya ini bahkan membangun musala di kampung halamannya, Jember. Depe diketahui membangun musala ini untuk mendiang ayahnya.

6. Nita Thalia

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@nitatalia.real)

Nita Thalia tak hanya membangun satu masjid, tapi beberapa di kawasan yang berbeda. Dua masjid yang dibangun oleh penyanyi dangdut cantik ini adalah Masjid At-Tabarok di Karawang dan Masjid Al-Kautsar di Bandung.

7. Itje Trisnawati

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@itje.t)

Itje Trisnawati membangun masjid megah Baitul Amanah yang terletak di pinggir jalan protokol Bandung - Tasikmalaya. Masjid ini dibangun sang pedangdut di puncak kesuksesannya pada akhir 1980-an. Masjid ini masih digunakan oleh pengguna jalan untuk beribadah sekaligus beristirahat.

8. Sisca Dewi

Seleb Bangun Masjid dan Musala (YouTube/SCADEW OFFICIAL)

Sisca Dewi membangun masjid dengan desain arsitektur yang modern bernama Masjid Al Scadew. Masjid yang dibangun oleh Sisca Dewi ini terletak di daerah Jalan Raya Madiun - Ponorogo. Masjid ini memiliki halaman yang luas, cocok untuk tempat persinggahan pengguna jalan.

9. Muzdalifah

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@muzdalifah999)

Muzdalifah membangun masjid yang megah bak istana bernama Jami Syamsul Huda. Masjid ini dibangun atas wasiat mendiang suaminya. Masjid yang dibangun Muzdalifah memiliki desain eropa klasik. Pembangunan masjid ini juga turut dibantu oleh masyarakat setempat.

10. Ivan Gunawan

Seleb Bangun Masjid dan Musala (instagram/@ivan_gunawan)

Terungkap bahwa Ivan Gunawan diam-diam membangun masjid di desa Ruwabarangga, Uganda, Afrika. Pembangunan masjid di Afrika ini merupakan proyek amal pribadi Ivan Gunawan. Masjid Indonesia by Ivan Gunawan ini dapat menampung jamaah 400 sampai 500 orang.

Itu dia deretan seleb yang membangun masjid dan musala. Kedermawanan mereka jelas patut diacungi jempol. Setuju?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More