Ade Wismoyo Sumarni | MataMata.com
Opie Kumis. [Wahyu Tri Laksono/Suara.com]

Matamata.com - Komedian Opie Kumis membangun pondok pesantren di kawasan kawasan Cimande, Sukabumi. Ia menyebut pesantren ini tak akan memungut biaya bagi anak yatim piatu. Meski begitu, tak banyak yang tahu jika pesantren tersebut sudah jadi 2 tahun yang lalu.

"Itu pesantren kira-kira sudah jadi dua tahun lalu. Santrinya ada 40 orang itu nggak bayar untuk yatim piatu," kata Opie Kumis di akun YouTube STARPRO Indonesia yang diunggah pada Kamis (12/5/2022).

"Jadi makan tidur segala macem seperak juga nggak dipungutin bayaran," sambungnya lagi.

Baca Juga:
Mayang Disebut Mirip Vanessa Angel saat Didandani Ala Penari Bali, Banyak yang Sewot: Mirip Dari Mana?

Dia pun menjelaskan awal mula bisa sampai membangun pesantren. Rupanya, Opie Kumis mendapat tanah wakaf seluas 3.000 meter.

Komedian Opie Kumis saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

"Kebetulan ada kiai sana wakaf-in tanah, kebetulan gue kenal sama anaknya, ini babehnya bilang 'Saya wakaf-in tanah 3.000 meter, terserah mau dibikin apa saja. Mau bikin villa silahkan. Opie pakai saja'," cerita Opie Kumis.

"Tapi saya bilang daripada bikin villa, bikin pesantren. Tapi dananya dari mana? Bismillah kita cari. Jadi sekarang (pesantrennya)," imbuhnya.

Baca Juga:
Prilly Latuconsina Makin Berani Tampil Seksi di Cappadocia, Malah Kena Sentilan Keras!

Pesantren tersebut terdiri dari bangunan masjid hingga asrama untuk putra dan putri. Pembangunannya sendiri memakan waktu sampai dua tahun.

"3.000 meter ada masjid, asmara putra putri, aula ibu-ibu majelis ta'lim, saung-saungan sama kolam ikan nila yang kita pelihara. Itu dua tahun," bebernya.

Terkait biaya yang dihabiskan, Opie Kumis bilang semuanya mencapai Rp 2 miliar.

Baca Juga:
Indah Permatasari Hamil Anak Pertama, Wajah Cantik Tanpa Riasan Dipuji: Anaknya Cewek Kayaknya

"Total-total habis Rp 2 miliar. Ada hamba Allah yang ngasih, kita bikin (pesantren)," ungkap Opie Kumis.

Namun begitu, Opie Kumis tidak mengelola pesantren tersebut. Dia menyerahkan urusan pesantren kepada salah satu anak kiai yang mewakaf-kan tanah.

"Gue (bantu cariin dana) dari temen ke temen. Setelah itu yang pegang anak kiai di sana. Karena itu wakaf dari bapaknya. Jadi kita kasih ke dia," tandasnya.

Baca Juga:
Deddy Corbuzier Ngonten Bareng 2 Influencer Besar, Dituding 'Cuci Tangan'

Load More