Nur Khotimah | MataMata.com
Dokter Tirta (Instagram/@dr.tirta)

Matamata.com - Curhatan perawat wanita yang memasangkan kateter ke pasien pria menuai kecaman di media sosial. Bahkan, Dokter Tirta sampai ikut buka suara dan memberikan sindiran lewat Twitter.

Perawat tersebut membagikan curhatannya di media sosial TikTok belum lama ini. Ia menceritakan soal pengalamannya memasangkan kateter kepada pasien pria yang tampan dan umurnya sepantaran.

Dalam video viral tersebut, banyak warganet yang geram dengan sikap perawat satu ini dan menyerbu kolom komentar video tersebut. 

Baca Juga:
Postingan Terbaru Ashanty Bareng Anang Hermansyah Bikin Kepo: Mau Nyaleg 2024?

Tidak hanya ramai diperbincangkan di TikTok, akun Twitter dokter Tirta @tirta_cipeng ikut berkomentar dengan adanya video viral tersebut. Menurutnya apa yang diunggah perawat perempuan tersebut melanggar kode etik dalam dunia kesehatan. 

“Pas kuliah bagian kode etik, kayanya mbak ini skip deh,” ungkap dr Tirta dalam cuitan di Twitter.

Dokter Tirta komentari perawat wanita yang viral. (Twitter/@tirta_cipeng)

Dokter Tirta menilai bahwa pemasangan kateter merupakan hal privat dan tidak layak jadi konten seperti ini. 

Baca Juga:
Maia Estianty Ngaku Minta Jodoh Konglomerat saat Menjanda: Matre Itu Boleh, Tapi ...

“Pemasangan kateter tu privat, harusnya semua nakes tau, dan ga layak dan ga boleh jadi bahan Cerita begini. Diajari kok pas kuliah, bagian kode etik. Video gini bisa mendapat sanksi dari organisasi profesi setempat, mau dihapus juga bisa mendapat teguran,” lanjutnya dalam sebuah utas pendek.

Menurutnya, hal-hal seperti ini perlu ditegur, karena telah melanggar kode etik yang telah diajarkan. Kecuali konten yang dibuatnya merupakan video edukasi cara memasang dengan menggunakan manekin. 

“Lain cerita kalo dia video edukasi pemasangan kateter, buat apa, indikasi apa, pake manekin,” ujarnya.

Baca Juga:
4 Momen Tyson Lynch Suami Melaney Ricardo Pulang ke Rumah, Hempas Isu Cerai

Merasa dirinya diserbu warganet, perawat dengan akun TikTok @moditabok tersebut akhirnya buka suara dan meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Menurutnya konten tersebut dibuatnya hanya untuk berbagi cerita serta pengalamannya di dunia perawat dan tidak bermaksud menjatuhkan profesinya. 

“Kalau secara aku ngonten salah aku minta maaf sebesar-besarnya dan nggak ada sama sekali bermaksud untuk menjatuhkan perawat nggak sama sekali. Aku lho perawat, nggak mungkin menjatuhkan profesiku,” ucapnya dalam video klarifikasi tersebut. 

Selanjutnya, perawat perempuan tersebut mengatakan jika kateter itu adalah hal yang umum di rumah sakit dan hampir semua pasien juga mengetahui. 

Baca Juga:
7 Potret Ayu Ting Ting Umrah, Gandeng Calon Suami?

Lebih lanjut ia mengatakan, “Ramenya konten ini ya karena mereka sering berbagi pengalaman, coba deh misalnya gitu gak ada pengalaman ya nggak rame kan, berarti cuma aku aja yang ngerjain kayak gini.”

Unggahan video permintaan maaf dari perawat perempuan yang mengunggah konten pengalamannya memasang kateter ke pasien cowok ini lantas viral di TikTok dan Twitter hingga mendapatkan sindiran dari berbagai pihak. (Dinar Oktarini)

Load More