Nur Khotimah Rena Pangesti | MataMata.com
Keluarga Gen Halilintar (instagram/@genhalilintar)

Matamata.com - Keluarga Gen Halilintar wajib membayar denda Rp300 juta ke label musik Nagaswara terkait cover lagu "Lagi Syantik". Keputusan tersebut diambil setelah Nagaswara menang di tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

Sayangnya, Gen Halilintar dikabarkan belum membayar denda ganti rugi tersebut sejak putusan tertanggal Desember 2021. Terkait hal itu, pihak keluarga Gen Halilintar akhirnya buka suara.

Mewakili keluarga Gen Halilintar, Jejen Zaenudin selaku manajemen membantah pihkanya sengaja tidak membayar uang tersebut. Pasalnya, pihaknya bahkan belum menerima informasi tersebut secara resmi.

Baca Juga:
Jadi Brand Ambassador Angel Token Belum Dibayar, Angel Lelga Lapor Polisi

"Sampai saat ini, kami belum ada pemberitahuan resmi (ganti rugi Rp300 juta)," kata Jejen Zaenudin dalam konferensi pers di Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (2/6/2022).

Manajemen Gen Halilintar juga mempertanyakan asal dari nominal Rp300 juta.  Sebab menurut Ahli Kekayaan Hak Intelektual, Suyud Margono yang dihadirkan di konferensi pers, yang tersebut sifatnya immaterial.

Jejen Zaenudin (kiri) dari manajemen Gen Halilintar dan Suyud Margono sebagai Ahli Kekayaan Intelektual saat konferensi pers di Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (2/6/2022). (MataMata.com/Rena Pangesti)

"Jadi bukan seperti utang piutang, Rp300 juta itu harus dibayar berikut penaltinya. Untuk hak cipta seperti itu," kata Suyud Margono.

Baca Juga:
Sempat Sulit Hamil, Anisa Rahma Ungkap Insiden di Masa Lalu

Selain itu, tidak ada keuntungan pribadi yang didapatkan Gen Halilintar dalam lagu tersebut. Aktivitas Gen Halilintar saat itu murni membuat konten dengan meng-cover lagu Siti Badriah, "Lagi Syantik" pada 15 November 2018.

"Peng-cover tentu tidak dapat apa-apa, kan kena otomatis. Kalau di YouTube, biarpun lagu 15 detik, pasti otomatis kena," ucap Jejen.

"Sistem monetasi di sini memberikan  keuntungan untuk si pencipta asli juga publisher," Suyud Margono menambahkan.

Baca Juga:
Kini Bermasalah, Kenapa Angel Lelga Dulu Ngaku Jadi Pemilik Angel Token padahal Cuma BA?

Selain hanya untuk berkreasi, Jejen mengatakan Gen Halilintar tak bermaksud membuat lagu itu dikomersilkan atau untuk mencari keuntungan pribadi.

"Kami enggak berhak mengkomersialkan. Murni hanya berkreativitas sebagai anak bangsa," tegas Jejen menjelaskan.

Baca Juga:
9 Pesona Lee Yoo Young di Insider, Jadi Pengusaha Misterius di Drama Baru bareng Kang Ha Neul

Load More