Ade Wismoyo | MataMata.com
Arie Dwi Andika dan Ardina Rasti. (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Nama adalah sebuah doa. Begitu pun nama panggung seorang artis yang bukan hanya untuk menunjang karier di dunia hiburan, tapi juga berisi harapan. Namun jangan salah, nama asli para artis yang 'disembunyikan' juga tak kalah indah lho.

Berbagai suku, agama, ras, dan budaya membuat Indonesia kaya akan keberagaman. Begitu pun nama asli para artis yang bisa menunjukkan asal sukunya. Dalam kesempatan kali ini, yuk ketahui nama asli artis kental nuansa Jawa!

1. Dian Sastro

Baca Juga:
10 Momen Siraman dan Pengajian 7 Bulanan Ria Ricis, Penuh Kebahagiaan

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@therealdisastr)

Dian Sastro bernama asli Diandra Paramitha Sastrowardoyo. Sastro dalam bahasa Jawa berarti pengetahuan.

2. Deddy Corbuzier

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@mastercorbuzier)

Sedangkan Deddy Corbuzier yang baru melepas status duda mempunyai nama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo. Dalam bahasa Jawa, Cahyadi berarti sinar yang indah, sedangkan Sunjoyo memiliki makna Laki-laki yang baik dan berjaya.

Baca Juga:
Nikita Mirzani Mendadak Malas Bahas Rencana Nikah dengan John Hopkins: Gue Udah Sering Gagal

3. Ardina Rasti

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@ardinarasti6)

Raden Ajeng Ardina Rasti Wardini merupakan nama asli Ardina Rasti. Raden Ajeng atau R.A. adalah gelar kebangsawanan Jawa untuk wanita keturunan ningrat dari raja yang pernah memerintah. Ardina Rasti memang keturunan Keraton Mangkunegaran Surakarta dari sang ayah.

4. Cak Lontong

Baca Juga:
Terkuak Ladang Amal yang Eril Sembunyikan: Allah yang Menunjukkan pada Dunia

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@caklontong)

Selanjutnya ada Cak Lontong yang bernama asli Lies Hartono. Nama belakang pria kelahiran Magetan, Jawa Timur tersebut berarti memiliki kekayaan atau kaya.

5. Yuni Shara

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@yunishara36)

Begitu pun Yuni Shara yang berasal dari Jawa Timur seperti Cak Lontong. Kakak Krisdayanti tersebut memiliki nama asli kental nuansa Jawa, Wahyu Setyaning Budi. Setyaning merupakan gabungan dari kata Setya dan Ning yang berarti "setia kepada". Ning juga merupakan panggilan terhadap kakak perempuan dalam bahasa Jawa.

Baca Juga:
8 Adu Gaya Sabrina Chairunnisa dan Kalina Oktarani, Dua 'Bidadari' Deddy Corbuzier

6. Jarwo eks Naif

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@jarwofekgitar)

Mantan gitaris band Naif, Jarwo memiliki nama asli Fajar Endra Taruna Mangkudisastro. Hampir mirip dengan nama Dian Sastrowardoyo ya?

7. Dik Doank

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@dd_dikdoank)

Dik Doank ternyata punya nama asli cukup panjang lho! Yakni Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma. Nama Raden biasanya diberikan kepada keturunan raja. Dalam bahasa Jawa, Kusuma adalah bunga. Kertanegara juga merupakan nama raja Singasari yang pusatnya berada di Jawa Timur.

8. Dewi Yull

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@dewiyullofficial)

Aktris senior Dewi Yull bernama asli Raden Ayu Dewi Pujiati. Nama Raden Ayu diberikan kepada Dewi Yull karena masih memiliki keturunan bangsawan dari Kesultanan Mangkunegaran Surakarta.

9. Roy Marten

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@roymarten5213)

Nama belakang Marten ternyata hanya nama panggung Roy Marten. Nama asli ayah Gading Marten tersebut adalah Roy Wicaksono Abdul Salam. Wicaksono dalam bahasa Jawa berarti bijaksana.

10. Cici Tegal

Nama Asli Artis Kental Nuansa Jawa (Instagram/@cicitegal)

Nama asli Cici Tegal adalah Sri Wahyuningsih. Cici Tegal ternyata bukan dari Tegal, Jawa Tengah, melainkan asli orang Jakarta. Kendati begitu, orang tuanya berasal dari Yogyakarta dan Cirebon. Dalam bahasa Jawa, Sri berarti Dewi padi atau cantik.

Itu dia sederet artis yang nama aslinya kental bernuansa Jawa. Ada artis favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More