Nur Khotimah | MataMata.com
Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial)

Matamata.com - Sosok Raden Brotoseno menuai kritikan pedas karena tak dipecat Polri meski pernah jadi narapidana kasus korupsi. Suami Tata Janeeta itu diketahui kembali bekerja di Divisi TIK Polri. Seiring kabar ini, profil Raden Brotoseno pun banyak dicari.

Sorotan atas kembalinya Raden Brotoseno sebagai polisi akhirnya ditanggapi Polri. Kapolri diketahui menggelar rapat bersama Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Polri pun akan meninjau ulang hasil sidang kode etik Raden Brotoseno.

Nama AKBP Raden Brotoseno mungkin sudah tidak asing lagi. Sebab Brotoseno pernah diisukan menikah siri dengan eks terpidana korupsi Angelina Sondakh. Sekarang ia berstatus sebagai suami Tata Janeeta.

Baca Juga:
Ghea Youbi Cerita Pernah Dilecehkan di Tempat Umum, Reaksinya di Luar Dugaan

Lantas siapakan sosok AKBP Raden Brotoseno yang tengah menuai sorotan ini? Simak profil Raden Brotoseno yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Raden Brotoseno

Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial)

Raden Brotoseno merupakan seorang polisi yang pernah bertugas sebagai penyidik Madya Dittipitsiber Bareskrim Polri. Saat itu dia memiliki pangkat Ajun Komisaris Besar Polri (AKBP).

Baca Juga:
Irfan Hakim Terbaring Lemas di IGD Rumah Sakit: Lambung Kayak Diperes

Raden Brotoseno merupakan alumni dari di SMA Negeri 54 Jakarta Timur. Suami dari penyanyi Tata Janeeta itu kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Indonesia.

Karier dan Kasus Korupsi Raden Brotoseno

Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial)

Saat menjabat sebagai sebagai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Raden Brotoseno sempat menjadi staf Sumber Daya Manusia Polri di Biro Pembinaan Karier, dan Kepala Unit di Direktorat Tindak Pidana Korupsi di Badan Reserse dan Kriminal Polri.

Baca Juga:
7 Potret Keluarga Baim Wong Nonton NBA di Amerika, Pesan Kursi VVIP

Tak hanya itu, Brotoseno juga pernah bertugas sebagai Perwira Menengah Bareskrim Mabes Polri. Kiprah Raden Brotoseno berlanjut ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat itu dia ditunjuk menjadi penyidik KPK.

Pada 2017, Raden Brotoseno ditangkap Divisi Profesi dan Pengamanan Polri lantaran terbukti menerima suap senilai Rp1,9 miliar dari pengacara Jawa Pos Group, Harris Hedar.

Suap tersebut diberikan agar Raden Brotoseno menunda pemeriksaan terhadap pemilik Jawa Pos, Dahlan Iskan. Akibatnya, Brotoseno divonis 5 tahun penjara dengan denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Baca Juga:
9 Tahun Menduda, Terkuak Alasan Deddy Corbuzier Baru Nikah Lagi di Usia 45 Tahun

Raden Brotoseno hanya menjalani hukuman selama kurang lebih 3 tahun meski divonis 5 tahun penjara. Hal ini karena dia mendapatkan bebas bersyarat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Brotoseno dibebaskan pada 15 Februari 2020.

Kisah Cinta Raden Brotoseno

Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial)

Raden Brotoseno sempat diisukan menikah siri dengan Angelina Sondakh. Kabarnya hubungan mereka telah terjalin sejak mantan Puteri Indonesia 2001 itu mendekam di dalam tahanan.

Sebelum Angelina Sondakh, Raden Brotoseno sempat menikah dengan seorang dokter selama 8 tahun dan dikaruniai seorang anak laki-laki. Keduanya bercerai pada Mei 2011.

Kemudian pada November 2020, Raden Brotoseno menikahi Tata Janeeta. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai seorang putra bernama Erlangga Danendra Brotoseno yang lahir pada Juni 2021.

Demikian profil Raden Brotoseno, suami Tata Janeeta yang sedang jadi sorotan karena kembali bertugas sebagai polisi setelah menjadi narapidana kasus korupsi.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More