Ade Wismoyo | MataMata.com
Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Matamata.com - Grup kasidah legend yang  berasal dari Semarang, Jawa Tengah, Nasida Ria jadi trending usai video mereka manggung di Jerman viral di media sosial. Sejumlah fakta grup kasidah Nasida Ria yang merupakan pelantun dari lagu hits Perdamaian dan Kota Santri ini pun ramai diperbincangkan.

Satu fakta yang sudah umum diketahui adalah bahwa grup ini beranggotakan ibu-ibu dengan musik khas Arab dengan tujuan untuk berdakwah. Selain itu masih banyak sekali fakta menarik lain tentang grup yang baru saja manggung di Jerman dalam acara Documenta Fifteen yang digelar di Kassel, Jerman pada Sabtu (18/6/2022) kemarin.

Grup ini menjadi legenda sebab, Nasida Ria mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap musik kasidah yang selama ini dianggap hanya ditujukan untuk umat Islam saja, Nyatanya mereka mampu membawa banyak pesan kebaikan dari lagu-lagu mereka.

Baca Juga:
Dewi Perssik Curhat Pilu Digugat Cerai Angga Wijaya: Aku Sudah 5 Tahun Beri yang Terbaik

Berikut ini MataMata.com sudah himpun sederet fakta grup kasidah Nasida Ria yang sukses go internasional dengan musik religi mereka.

1. Berkarya selama 47 tahun

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Nasida Ria terbentuk pada tahun 1975 artinya grup ini sudah bertahan selama 47 tahun lamanya. Nasida Ria dibentuk oleh seorang pemuka agama asal Semarang, HM Zein. Ia mengajak istri dan murid-muridnya belajar musik kasidah.

Baca Juga:
9 Momen Raffi Ahmad Ajak Rafathar ke Pameran Marvel Studios, Rela Nyetir Sendiri ke PIM

2. Anggota dari tiga generasi

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Awal mulanya, Nasida Ria memiliki 9 anggota utama yaitu Mudrikah Zein, Mutoharoh, Rien Djamain, Umi Kholifah, Musyarofah, Nunung, Alfiyah, Kudriyah, dan Nur Ain. Nasida Ria kini memiliki 12 personil yang merupakan generasi ketiga. Anggota lama dari generasi pertama yang masih bertahan yaitu Rien Djamain yang memainkan bass. Selain itu Nasida Ria juga memiliki grup untuk juniornya yang bernama Qasidah ezzurA.

3. Alat musik rebana

Baca Juga:
Profil Angga Wijaya, Manajer yang Jadi Suami Dewi Perssik

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Sebenarnya pada awal terbentuk, anggota Nasida Ria hanya menggunakan rebana untuk mengiringi nyanyian mereka. Walikota Semarang periode 1980-1990, Imam Soeparto Tjakrajoeda menyumbangkan keyboard. Hingga akhirnya mereka juga mendapat gitar bas, gitar, dan biola yang jadi ciri khas musik Nasida Ria.

4. Sering manggung di luar negeri

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Penampilan Nasida Ria di Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman kemarin bukanlah yang pertama bagi grup kasidah ini. Sebab mereka sudah beberapa kali pentas di luar negeri. Tahun 1994 Nasida Ria tampil di festival musik Islam internasional Die Garten des Islam di Berlin. Kemudian 1996 mereka kembali manggung di Festival Heimatklange di Berlin, Mulheim, dan Düsseldorf. 

Baca Juga:
Raffi Ahmad Cuma Punya Waktu 2 Jam Sehari untuk Istri, Nagita Slavina Auto Dipuji Sabar: Segala Kekurangan Gue Ditutupi

5. Punya 350 lagu

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Sepanjang kariernya selama puluhan tahun, Nasida Ria sudah membuat 35 album dengan total lagi mencapai 350 judul. Lagu-lagu mereka sarat akan pesan kebaikan karena memang berlandaskan pada niat dakwah, Beberapa lagu yang paling populer dan masih sangat sering diputar hingga saat ini adalah Perdamaian, Kota Santri, Dunia Dalam Berita, juga Bila Bom Nuklir Diledakkan.

6. Eksis kembali berkat iklan Ramayana

Fakta Grup Kasidah Nasida Ria. (Instagram/nasidariasemarang)

Nasida Ria sempat tak terdengar kabarnya selama beberapa tahun. Hingga akhirnya momentum datang kembali pada mereka setelah digandeng untuk jadi model iklan department store Ramayana pada 2018. Sutradara Dimas Djayadiningrat berhasil membuat Nasida Ria kembali eksis dan diingat hingga sekarang mereka kembali eksis dan aktif lagi

Itu tadi sejumlah fakta grup kasidah Nasida Ria yang membuktikan diri sebagai grup religi beranggotakan perempuan dan mampu berkarier di kancah internasional. Penampilan mereka di Jerman kemarin hanya satu dari sekian banyak prestasi yang sudah mereka torehkan selama 47 tahun berkarya. Kini mereka juga mulai merangkul generasi muda agar lagu-lagu mereka juga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More