Yohanes Endra | MataMata.com
Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/ardibakrie)

Matamata.com - Mahar menjadi salah satu syarat dalam pernikahan. Sebagian besar pengantin menggunakan uang tunai, perhiasan, sampai logam mulia sebagai mahar. Nominal mahar dalam bentuk uang tunai pun beragam. Tanggal pernikahan kerap dipilih sebagai jumlah mahar baik dalam rupiah maupun dolar.

Beberapa artis ada yang menikah dengan mahar fantastis hingga ratusan juta. Namun ada pula yang menikah dengan mahar sederhana dengan jumlah yang kecil. Seperti beberapa artis yang memilih menikah dengan mahar yang murah.

Perbedaan jumlah mahar yang beragam tadi, lantaran memang tak aturan khusus yang menentukan jumlah pasti dari mahar pernikahan. Baik besar maupun kecil, jumlah mahar tidak akan memengaruhi sahnya sebuah pernikahan.

Baca Juga:
Via Vallen Menikah, Mahar Pakai Mata Uang Euro Sejumlah Tanggal Hari Ini

Sebab berapapun jumlah mahar yang diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita, selama syarat dipenuhi maka pernikahan akan sah. Lantas siapa saja seleb menikah dengan mahar murah? Intip daftarnya yang sudah MataMata.com himpun berikut.

1. Nia Ramadhani dan Ardie Bakrie

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/ramadhaniabakrie)

Ardi Bakrie meminang Nia Ramadhani pada tahun 2010 silam, ia hanya memberikan mahar sebesar Rp 2.015. Angka tersebut terbilang sangat kecil jika dibandingkan dengan pesta pernikahan mereka yang ditaksir menghabiskan uang hingga miliaran. Apalagi Ardie Bakrie adalah pengusaha muda sekaligus anak dari Aburizal Bakrie yang merupakan konglomerat. Ternyata jumlah mahar itu merupakan hasil penjumlahan dari tanggal, bulan, dan tahun pernikahan mereka.

Baca Juga:
Mahar Deddy Corbuzier saat Nikahi Sabrina Chairunnisa Terkuak, Jumlahnya Fantastis!

2. Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/ussypratama)

Kini dikenal sebagai pasangan kaya raya, Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty menikah dengan mahar senilai 21 USD, 1 Real, dan Rp 2.012. Angka ini melambangkan tanggal pernikahan mereka yaitu 21 Januari 2012. Sampai kini rumah tangga mereka harmonis dengan lima orang anak yang melengkapi kebahagiaan keduanya.

3. Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan

Baca Juga:
10 Seleb Menikah dengan Mahar Dolar, Lesti Kejora Lebih Jor-joran dari Maudy Ayunda

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/atiqahhasiholan)

Seperangkat alat salat dan sebuah cincin menjadi mahar pernikahan Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan. Keduanya menikah di Pulau Kelor pada tahun 2013 dengan pernikahan sederhana dan hanya dihadiri rekan dan kerabat dekat saja. Padahal bagi Rio mahar besar pasti bukan masalah mengingat ia adalah artis papan atas yang langganan jadi pemain film layar lebar.

4. Andien Aisyah dan Ippe

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/andienaisyah)

Andien dan Ippe menikah secara tertutup dengan konsep forest wedding di hutan pinus di Kawasan Lembang, Bandung. Keduanya menikah pada 27 April 2015 silam dengan mahar seperangkat alat salat dan 5 gram emas. Meski maharnya sederhana, tapi pernikahan mereka bahagia sampai sekarang.

Baca Juga:
Mahar Pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi Dibongkar KUA

5. Sonny Septian dan Fairuz A Rafiq

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/fairuzarafiq)

Fairuz A Rafiq akhirnya melabuhkan hatinya pada Sonny Septian usai menjadi single parent bagi King Faaz. Ia dipinang Sonny dengan mahar sebesar Rp 999.999 pada 21 Mei 2017. Terkesan tanggung bukan? Namun ada makna mendalam pada nominal tersebut. Angka 9 adalah angka kesukaan Fairuz dan 99 adalah jumlah Asmaul Husna.

6. Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar

Seleb Menikah dengan Mahar Murah. (Instagram/aurelie.hermansyah)

Berbanding terbalik dengan pesta pernikahan mereka yang luar biasa mewah. Mahar pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sangat sederhana. Atta menikahi Aurel pada 3 April 2021 dengan mas kawin berupa uang tunai senilai Rp 342.021. Jumlah tersebut menjadi lambang yang merepresentasikan tanggal pernikahan orang tua Ameena itu.

Seleb menikah dengan mahar murah tadi membuktikan bahwa untuk memulai rumah tangga tidak harus dengan mas kawin dalam jumlah besar. Sebab besaran mahar tidak menjadi penentu sah tidaknya pernikahan. Meski dengan mahar sederhana dan bisa dikatakan murah, tapi rumah tangga seleb tadi harmonis dan langgeng sampai sekarang. Gimana tertarik juga menikah dengan mahar murah?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More