Nur Khotimah | MataMata.com
Artis menikah pakai adat Betawi (YouTube/Bintang Emon)

Matamata.com - Keberagaman suku yang dimiliki Indonesia membuat sebuah pernikahan menjadi punya keunikan tersendiri. Pasalnya bukan hanya satu atau dua, ribuan suku bangsa di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing saat menggelar sebuah pernikahan.

Di tengah derasnya arus globalisasi, para artis Tanah Air masih banyak yang tak kehilangan identitasnya sehingga menggelar pernikahan dengan adat tanah kelahiran. Seperti Bintang Emon yang mengusung adat Betawi saat menikah pada Minggu (24/7/2022) lalu.

Selain Bintang Emon, siapa saja artis menikah pakai Adat Betawi? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Ria Ricis Ngaku Siapkan Barang-barang Terbaik Buat Anak: Udah Beli Baju-baju Brand Paris

1. Bintang Emon

Artis menikah pakai adat Betawi (YouTube/Bintang Emon)

Bintang Emon menikahi wanita bernama Alca pada Minggu (24/7/2022) kemarin. Alca memilih Siger Betawi dengan hiasan mirip tirai yang menjuntai menutupi wajah. Sebelum akad nikah, Bintang Emon pun mengikuti ritual khas Betawi, Palang Pintu.

2. Syifa Adik Ayu Ting Ting

Baca Juga:
Melanie Subono Kecam Permintaan Damai Kasus Bocah SD Dipaksa Setubuhi Kucing

Artis menikah pakai adat Betawi (Instagram/@syifaasyifaaa)

Syifa adik Ayu Ting Ting juga menggelar pernikahan adat Betawi pada 20 Februari 2022. Busana pengantin khas Betawi tampak dikenakan suami Syifa, Nanda Fachrizal. Topi dan ikat pinggang yang dikenakan Nanda begitu khas Betawi ya?

3. Roro Fitria

Artis menikah pakai adat Betawi (Instagram/@roro.fitria1989)

Beda lagi dengan Roro Fitria yang mencampurkan adat Betawi dan adat Jawa saat menikah dengan pengusaha otomotif Andri Irwan pada Desember 2021. Meski kental mengusung pernikahan adat Jawa, Andri Irwan bersama keluarga datang dengan tradisi khas Betawi, Palang Pintu.

Baca Juga:
4 Fakta Campground for Learning, Reality Show Baru Hong Jong Hyun yang Sayang Kalau Dilewatkan

4. Daus Mini

Artis menikah pakai adat Betawi (MataMata.com/Ismail)

Daus Mini menikah untuk ketiga kalinya pada 9 Desember 2018. Daus Mini dan Shelvie Hana Wijaya memilih adat Betawi modern sebagai konsep pernikahan mereka. Konsep itu dipilih karena Daus dan ayah mertuanya sama-sama orang Betawi.

5. Carissa Putri

Baca Juga:
10 Potret Aydin Adik Ayana Moon yang Ganteng Banget, Dibilang Mirip Aktor Korea!

Artis menikah pakai adat Betawi (Instagram/@penyogastar)

Pernikahan Carissa dan Navies menghadirkan prosesi adat Betawi, Palang Pintu, yang menunjukkan dua jagoan dari masing-masing calon mempelai bertanding silat. Keluarga Carissa dan Navies juga berbalas pantun. Sedangkan untuk busana pengantin, Carissa Putri tampil dengan paes Jawa. Akad Nikah Carissa Putri pada 31 Maret 2012 rupanya digelar dengan adat Betawi, Jawa, dan Sunda.

6. Intan Nuraini

Artis menikah pakai adat Betawi (Instagram/@intan_nuraini23)

Sedangkan Intan Nuraini menggabungkan adat Betawi dan Padang saat melangsungkan pernikahan dengan sang suami, Donny Azwan, pada 2011 silam. Pasalnya Donny berasal dari Sumatera Barat dan Intan orang Betawi asli. Sehingga akad nikah Intan dan Donny berlangsung dengan adat Padang, sedangkan resepsi menggunakan adat Betawi lengkap dengan Tanjidor.

Nah itu dia sederet artis menikah pakai adat Betawi. Rupanya beberapa di antara artis mencampurkan adat daerah lain selain Betawi di pernikahan mereka ya! Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More