Ade Wismoyo | MataMata.com
Potret Aisha Anak Irfan Hakim (Instagram/@irfanhakim75)

Matamata.com - Pondok pesantren menjadi salah satu pilihan pendidikan bagi banyak orang tua. Sebab, selain mengajarkan ilmu umum juga mengajarkan ilmu agama. Sebagai negara mayoritas muslim, ada banyak pesantren yang bisa dipilih oleh orang tua.

Sejumlah artis tanah air pun mempercayakan pendidikan anak-anak mereka di pondok pesantren. Meski berat melepas anak untuk tinggal jauh dari orang tua, tapi keputusan tersebut dirasa sebagai pilihan terbaik.

Terkini ada Irfan Hakim yang baru saja mengantar putri kembarnya Rakana dan Raina belajar di pesantren. Irfan membagikan momen tersebut lewat akun TikTok miliknya. Terlihat jelas kesedihan dari wajah Irfan Hakim saat melepas dua putrinya.

Baca Juga:
Baim Wong Katai Bonge Monyet, Auto Banjir Kritik: Kasar Banget Im Ngomongnya ke Anak Orang

Selain Irfan Hakim masih ada beberapa artis lain yang juga telah memasukkan anak mereka ke pesantren untuk menuntut ilmu. Keharuan juga menyertai momen saat mereka merelakan putra-putri mereka belajar jauh dari keluarga. Berikut sederet momen artis antar anak masuk pesantren yang sudah MataMata.com himpun.

1. Lyra Virna

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (Instagram/lyravirna)

Sudah tak lagi aktif di dunia seni pesan, Lyra Virna fokus mengurus keluarganya. Ia menjadi salah satu artis yang mementingkan pendidikan agama bagi anak-anaknya. Sehingga Lyra Virna pun memilih memasukkan anak-anaknya ke pesantren. Dua anak Lyra Virna yaitu Queizal Bachmid dan Queisha Nahla Bachmid menempuh pendidikan di pesantren. Momen Lyra Virna antar Eizal dan Eisha dibagikan di akun media sosial miliknya. Walau bukan pertama kalinya melepas buah hati mondok, Lyra Virna tetap merasakan keharuan ketika melepas anak-anaknya.

Baca Juga:
Angelina Sondakh Diroasting Kiky Saputri soal Korupsi: Gimana, Enak Kan Bisa Hirup Udara Bebas?

2. Primus Yustisio

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (Instagram/truejf)

Aktor senior yang kini fokus sebagai politikus, Primus Yustisio bersama Jihan Fahira melepas putri mereka masuk pesantren dengan senyum. Primus dan Jihan mengantar Lana Devina Yustisio sampai ke kamar asrama. Meski akan jauh dari orang tuanya, Lana tersenyum lebar sebelum berpisah dengan Jihan dan Primus. Pesantren dianggap sebagai tempat paling baik bagi lana untuk memelajari ilmu dunia dan akhirat.

3. April Jasmin

Baca Juga:
7 Transformasi Jennifer Jill Setelah Turun 20KG, Kini Ramping dan Tampak Lebih Muda

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (Instagram/ustad_solmed)

Sultan putra April Jasmin dan Ustaz Solmed masuk ke pesantren ketika usianya masih sangat kecil yaitu 5 tahun. Usia semuda itu, umumnya anak-anak masih sangat tergantung dengan kedua orang tuanya. Bukan karena paksaan dari orang tua, Sulthan rupanya memang ingin mondok. Hal ini terungkap lewat unggahan Ustaz Solmed ketika Sulthan lulus dari taman kanak-kanak. 

4. Nikita Mirzani

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (Instagram/nikitamirzanimawardi_172)

Sudah bukan rahasia jika dulu, Nikita Mirzani pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren. Ia pun memasukkan putrinya Laura Meizani Nasseru Arsy sebagai santriwati di Al-Wildan Islamic School. Nikita mengantarkan sang putri masuk ke pesantren yang ada di kawasan Tangerang. Saat pertama kali melepas Loli, Nikita Mirzani tampil dengan hijab hitam dan memakai kacamata warna senada. Loli yang kini sudah tumbuh dewasa tersenyum saat sang ibu memeluknya.

Baca Juga:
8 Penampilan Arsy Hermansyah di WCOPA, Sabet 6 Medali Emas

5. Kartika Putri

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (YouTube/Kartika Putri Official)

Keharuan dirasakan oleh Kartika Putri ketika harus ikhlas melepas putrinya  menempuh pendidikan di pondok pesantren. Bukan di Indonesia seperti anak-anak artis sebelumnya melainkan di luar negeri. Anak sambung Kartika Putri yang akrab disapa Ipeh akan mondok di kota Tarim, Hadramaut, Yaman. Hal ini terungkap lewat vlog Kartika Putri. Ipeh dan kartika memang sangat dekat, tak heran jika tangis Kartika Putri pecas saat putrinya harus jauh dari keluarga.

6. Ashanty

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (YouTube/The Hermansyah A6)

Sebelumnya Anang dan Ashanty pernah memiliki anak angkat yang mereka masukkan ke pesantren agar pendidikan mereka terjamin. Anak angkat Ashanty bernama Putra dan Aulia sempat begitu disayangi oleh ibu sambung Aurel tersebut. Lewat YouTube The Hermansyah 6, Ashanty nampak mencukupi semua kebutuhan Putra dan Aulia. Sayang karena satu dan lain hal, Ashanty justru berkonflik dengan anak angkatnya itu. 

7. Irfan Hakim

Momen Artis Antar Anak Masuk Pesantren. (TikTok/ 75irfanhakim)

Terbaru ada Irfan Hakim yang mengantarkan putri kembarnya Rakana dan Raina belajar di pesantren. Ia mengungkapkan pesan haru untuk dua putri cantiknya. Irfan berharap putrinya bisa belajar dengan baik dan mengejar impian mereka. Irfan juga meminta maaf karena setelah Rakana dan Raina masuk pesantren, ia tak bisa lagi meluangkan waktu bersama dengan mereka. Wajah Irfan Hakim memperlihatkan keharuan luar biasa saat memeluk dua putrinya sebelum masuk pondok. 

Itu tadi momen artis antar anak masuk pesantren dengan penuh haru. Ilmu agama yang diajarkan lebih intensif menjadi salah satu alasan pesantren dipilih untuk pendidikan anak-anak para artis. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More